Latest News

property syariah

property syariah

Skripsi agribusiness:Hubungan Antara Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani Padi Sawah Dengan Pelaksanaan Pengaturan Pola Tanam Dan Tertib Tanam (P2T3)



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Usaha pertanian di Indonesia dicirikan oleh dua hal yaitu usaha pertanian  sekala besar yang lazim dikelola perkebunan negara atau swasta dan skala kecil  yang lazim disebut usaha pertanian rakyat. Pada usahatani kecil atau usaha  pertanian rakyat umumnya komoditi diusahakan adalah tanaman pangan seperti  padi dan palawija (Soekartawi, 2005).
Pengembangan produksi pertanian perlu lebih diarahkan kepada pada  pemberdayaan petani dan masyarakat, sehingga mereka mampu mengelola dan  mengembangkan usahatani secara tangguh dan mandiri tanpa tergantung pada  pihak lain serta posisi tawar yang seimbang dengan pelaku ekonomi lain. Pada  peningkatan produksi harus diubah dengan pendekatan peningkatan kualitas  petani, karena sering kali petani yang sudah mendapatkan hasil yang bagus dalam  panenya, namun mengecewakan dalam harga jualnya tanpa mengurangi sasaran  produksi yang telah ditetapkan (Sriyani, 1999).

Pada masa pembangunan pertanian sekarang ini persaingan disektor  pertanian semakin tidak lagi ditentukan oleh kepemilikan sumber daya alam,  tetapi juga ditentukan oleh kualitas dari sumber daya manusianya. Oleh sebab itu  diperlukan berbagai upaya yang dilakukan baik oleh instansi terkait maupun  lembaga swadaya masyarakat. Departemen pertanian melalui badan pendidikan  dan pelatihan pertanian dalam meningkatkan sumber daya manusia pertanian  dapat dilakukan penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan latihan dalam bentuk  kegiatan yaitu pendidikan, pelatihan dan penyuluhan (Supriaman, 2003).
 Kegiatan penyuluhan pertanian yang dilakukan pada petani hendaknya  dapat menyampaikan pesan-pesan yang mengubah perilaku petani kearah ciri-ciri  manusia modern atau setidaknya mendekati ciri-ciri dari manusia modern, seperti  berpikiran positif terhadap perubahan, bersifat rasional, mempunyai wawasan  yang luas, optimis dan berani mengambil resiko (Sinar Tani, 2001).
Salah satu pendidikan yang diberikan kepada petani, untuk dapat  meningkatkan produksi hasil panen adalan program pola tanam dan tertib tanam  (P2T3). Pola dan waktu tanam yang baik diharapkan dapat menjamin  penyediaan produksi secara merata sepanjang tahun serta  peningkatan  produktivitas yang pada gilirannya diharapkan juga akan mengurangi fluktuasi harga (Sofa, 2007).


Skripsi agribusiness:Hubungan Antara Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani Padi Sawah Dengan Pelaksanaan Pengaturan Pola Tanam Dan Tertib Tanam (P2T3)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.