Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Manajemen Sumberdaya Perairan:Kandungan Logam Berat Pb pada Air, Sedimen, dan Kerang Darah (Anadara granosa) di Pantai Belawan



PENDAHULUAN  
Latar Belakang  
Logam dan mineral lainnya hampir selalu ditemukan dalam air tawar dan air  laut, walaupun jumlahnya sangat terbatas. Dalam kondisi normal, beberapa macam  logam baik logam ringan maupun logam berat jumlahnya sangat sedikit dalam air.
Beberapa logam itu bersifat essensial sangat dibutuhkan dalam proses kehidupan,  misalnya kalsium (Ca), fosfor (P), magnesium (Mg) yang merupakan logam ringan  berguna untuk pembentukan kutikula/sisik pada ikan dan udang. Sedangkan  tembaga (Cu), seng (Zn), mangan (Mg), merupakan logam berat yang sangat  bermanfaat dalam pembentukan haemosianin dalam sistem darah dan enzimatik  pada hewan air tersebut (Dahuri, 2001).

Logam berat yang masuk ke dalam perairan akan mencemari laut. Selain  mencemari air, logam berat juga akanmengendap di dasar perairan yang  mempunyai waktu tinggal (residence time) sampai ribuan tahun dan logam berat  akan terkonsentrasi ke dalam tubuh makhluk hidup dengan proses bioakumulasi  dan biomagnifikasi melalui beberapa jalan, yaitu melalui saluran pernapasan,  saluran makanan dan melalui kulit (Darmono, 2001).
Salah satu biota laut yang didugaakan terpengaruh langsung akibat  penurunan kualitas perairan dan sedimen di lingkungan pantai adalah hewan jenis  kerang-kerangan. Odum (1994) menjelaskan bahwa komponen biotik dapat  memberikan gambaran mengenai kondisi fisik, kimia, dan biologi suatu perairan,  salah satu biota yang dapat digunakan sebagai parameter biologi dalam menentukan  kondisi suatu perairan adalah jenis kerang-kerangan.
 Supriharyono (2002) menyatakan, kerang adalah satu diantara beberapa  hewan laut yang paling efisien mengakumulasi logam berat. Hal ini disebabkan,  kerang hidup di lapisan sedimen dasar perairan, bergerak sangat lambat dan  makanannya adalah detritus di dasar perairan, sehingga peluang masuknya logam  berat sangat besar. Bahan-bahan buangan yang bersifat racun yang masuk ke  perairan akan menurunkan kualitas air yaitu berubahnya sifat-sifat fisika dan kimia  perairan. Hal ini dapat membahayakan kehidupan organisme perairan terutama  hewan bentos karena pergerakannya yang terbatas (sessile) dan sifat hidupnya yang  relatif menetap di dasar perairan sehingga bila terjadi pencemaran akan sulit untuk  menghindar.


Contoh Skripsi Manajemen Sumberdaya Perairan:Kandungan Logam Berat Pb pada Air, Sedimen, dan Kerang Darah (Anadara granosa) di Pantai Belawan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.