Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Manajemen Sumberdaya Perairan:Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Nila Gesit (Oreochromis niloticus)



PENDAHULUAN  
Latar Belakang  
Perairan Laut Belawan yang beradadi Kecamatan  Labuhan  Propinsi Sumatera Utara banyak digunakan oleh masyarakat setempat untuk  berbagai aktivitas. Aktivitas masyarakat disekitar laut antara lain pertanian,  perikanan, pemukiman dan tempat rekreasi. Aktivitas lain yang mempengaruhi  faktor fisika kimia perairan yaitu kegiatan keramba yang menghasilkan limbah  organik (pencemaran unsur nitrogen dan fosfor) akibat pemberian pakan yang  tidak efisien. Hal ini menyebabkan sisapakan dan kotoran ikan menumpuk di  dasar perairan, terjadinya eutrofikasi yang menyebabkan bloomingfitoplankton,  adanya gulma air, terbentuknya gas-gas yang dapat menyebabkan kematian  organisme perairan dan makin menebalnya lapisan anaerobik dibadan laut.

Aktivitas budidaya ikan dalam jaring apung menerapkan pola intensif  yang mengandalkan pemberian pakan dari luar sumber pakan utama bagi ikan  yang dibudidayakan. Sisa-sisa pemberian pakan ini merupakan bahan organik  yang potensial untuk meningkatkan unsurhara dalam perairan yang dapat  memberikan dampak terhadap produktivitas perairan. Selain itu adanya aktivitas  budidaya dan lalulintas kapal yang melewati perairan serta faktor alamiah seperti  iklim dan cuaca yang berubah dalam waktu tertentu akan mempengaruhi terhadap  parameter fisikakimia perairan di Laut Belawan (Kamali, 2004).
Produktivitas primer adalah laju penyimpanan energi radiasi matahari oleh  organisme produsen dalam bentuk bahan organik melalui fotosintesis. Organisme  produsen disini adalah fitoplankton, dimana Menurut Odum (1971) dalamtingkat   tropik level suatu perairan, fitoplankton disebut produsen utama perairan. Fungsi  produktivitas primer dalam suatu ekosistem merupakan suatu sistem dimana satu  parameter tidak bisa lepas dari parameter lain. Parameter tersebut antara lain,  suhu, salinitas, nutrien (nitrat dan fosfat),kelarutan oksigen, padatan tersuspensi,  keberadaan dan kelimpahan fitoplankton.
Berdasarkan uraian diatas, maka perlu diadakan penelitian untuk  mengetahui tingkat kesuburanperairan Belawan serta kualitas air. Pentingnya  informasi mengenai tingkat kesuburan perairan sekitar perairan Belaawan dapat  digunakan sebagai pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu. Menurut Clark  (1977) diacu dalam Sanusi (2004), tingkat kesuburan suatu perairan dapat dinilai  dari karakteristik biologi,fisika dan kimianya, khsnya ketersediaan zat hara  esensial. Nybakken (1988) menyatakan bahwa faktor biologis yang  mempengaruhi tingkat kesuburan suatu perairan adalah klorofil-a. Klorofil-a  merupakan pigmen yang mampu melakukan fotosintesis dan umumnya terdapat  pada seluruh organisme fitoplankton.


Contoh Skripsi Manajemen Sumberdaya Perairan:Pengaruh Padat Penebaran Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Nila Gesit (Oreochromis niloticus)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.