Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi agribusiness:Prognosa Ketersediaan Pangan (Telur Ayam, Minyak Goreng, Daging Ayam, Daging Sapi, Beras, Gula Pair, Bawang Merah, Cabe Merah dan Kacang Tanah) Pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)



1.1. Latar Belakang
Pembangunan secara umum dan khususnya program pembangunan bidang  pertanian pada hakekatnya, adalah semua upaya yang dilakukan untuk  meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani menuju kehidupan yang lebih  sejahtera dan modern. Namun dalam perjalanannya program pembangunan  pertanian masih belum dapat menunjukkan hasil yang cukup signifikan untuk  mencapai tujuan tersebut (Dinas Pertanian Sumatera Utara, 2005).
Sektor pertanian mempunyai peranan penting dalam perekonomian  Indonesia baik dalam bentuk PDB maupun dalam hal penyerapan tenaga kerja.
Berdasarkan bidang usahanya, sektor pertanian terbagi atas subsektor tanaman  pangan atau palawija, hortikultura, perkebunan, peternakan, kehutanan dan  perikanan (Purnomo dan Hanny P, 2007).

Pembangunan ketahanan pangan, sesuai amanat Undang – Undang Nomor  7 tahun 1996 tentang pangan, bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan pangan  bagi seluruh rumah tangga, dalam jumlah yang cukup, mutu dan gizi yang layak,  aman konsumsi, merata serta terjangkau oleh setiap individu (Suryana, 2003).
Mengingat sumberdaya yang dimiliki di setiap daerah sebagian berbasis  sumberdaya agribisnis (lahan, perairan, keanekaragaman hayati) dan hampir 90 %  usaha kecil, menengah, dan koperasi berada pada agribisnis; maka pembangunan  ekonomi nasional yang sesuai dengan amanat konstitusi adalah pembangunan  sistem agribisnis (Suryana, 2003).
Dalam pengembangan sistem ketahanan pangan, aktor utama yang  berperan adalah para pelaku bisnis, yaitu produsen, pengolah dan pedagang, yang  sebagian besar adalah pengusaha kecil. Untuk itu upaya peningkatan ketahanan  pangan lebih difokuskan kepada pemberdayaan kelompok masyarakat pengusaha  kecil agar mereka mandiri dan mampu  mengembangkan usaha agribisnisnya  secara berkelanjutan sehingga pangan tersedia setiap saat (Suryana, 2003).
Konsep ketahanan pangan lebih luas dibandingkan dengan konsep  swasembada pangan seperti yang sering digunakan dalam konteks produksi  tanaman pangan yang hanya berorientasi pada aspek fisik kecukupan produksi  bahan pangan. Para ahli sepakat bahwa ketahanan pangan minimal mengandung  unsur pokok yaitu ketersediaan pangan, aksesbilitas masyarakat dan stabilitas  harga pangan. salah satu dari unsur diatas tidak terpenuhi maka suatu Negara  belum dapat dikatakan mempunyai ketahanan pangan yang baik. Walaupun  pangan tersedia cukup tinggi di tingkat nasional dan regional, tetapi jika akses  individu untuk memenuhi kebutuhan pangannya tidak merata, maka ketahanan  pangan masih dikatakan rapuh. Aspek distribusi bahan pangan sampai ke pelosok  rumah tangga pedesaan yang tentunya mencakup fungsi tempat, ruang dan waktu  juga tidak kalah pentingnya dalam upaya memperkuat strategi ketahanan pangan  (Arifin, 2005).
Pangan adalah sesuatu yang hakiki dan menjadi hak setiap warga negara  untuk memperolehnya. Ketersediaan pangan sebaiknya cukup jumlahnya, bermutu  baik, dan harganya terjangkau. Salah satu komponen pangan adalah karbohidrat  yang merupakan sumber utama bagi tubuh.  Kelompok tanaman penghasil  karbohidrat disebut tanaman pangan. Di Indonesia tanaman pangan yang  digunakan masih terbatas pada beberapa jenis yaitu padi, jagung, ubi jalar, dan ubi  kayu. Selain sebagai sumber karbohidrat tanaman pangan juga sumber protein.


Contoh Skripsi agribusiness:Prognosa Ketersediaan Pangan (Telur Ayam, Minyak Goreng, Daging Ayam, Daging Sapi, Beras, Gula Pair, Bawang Merah, Cabe Merah dan Kacang Tanah) Pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.