Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi agribusiness:Karakteristik sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Penerapan Teknologi Pertanian Semi Organik Pada Komoditi Padi Sawah



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Revolusi hijau sangat berjasa bagi kehidupan umat manusia dimuka bumi  ini, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Di Indonesia teknologi  “Revolusi Hijau”dimulai tahun 1960, dan sejak saat itu kerawanan pangan sedikit  demi sedikit mulai teratasi. Prestasi Indonesia dalam mencukupi kebutuhan  pangan ditandai dengan keberhasilannya dari Negara pengimpor menjadi Negara  yang dapat mencukupi sendiri kebutuhan pangannya. Pupuk kimia dan pestisida  kimia dianggap sebagai senjata ampuh dalam mengatasi kerawanan pangan  Namun, dibalik revolusi hijau tersebut ternyata terdapat bencana yang dapat  merugikan lingkungan hidup dan kesehatan manusia.  Pada akhir tahun 1980,  mulai tampak tanda-tanda kelelahan pada tanah dan penurunan produktivitas pada  hampir semua jenis tanaman yang diusahakan (Sutanto, 2002a).

Belajar dari dampak penggunaan pestisida kimia dan pupuk buatan pabrik  saat munculnya revolusi hijau, manusia pun berusaha mencari teknik bertanam  secara aman, baik untuk lingkungan maupun manusia. Inilah yang kemudian  melahirkan teknik bertanam secara organik atau yang dikenal dengan pertanian  organik (Sutanto, 2002b).
Gerakan kembali ke alam yang dilandasi kesadaran akan pentingnya  menjaga kesehatan tubuh dan kelestarian lingkungan hidup merupakan angin  segar bagi semua komoditas pertanian yang diproduksi secara organik. Kehadiran  beras organik disambut gembira masyarakat yang sangat memperhatikan  kesehatan dan kelestarian lingkungan. Beras organik sebenarnya bukan hal baru di  Indonesia. Sudah sejak dahulu nenek moyang kita membudidayakan padi tanpa  1   bahan kimia yang saat ini diistilahkan sebagai pertanian organik. Namun, kini  beras organik dikatakan sebagai hal baru setelah puluhan tahun belakangan ini  padi hanya dibudidayakan secara non organik (Andoko, 2002).
Penerapan kegiatan pertanian organik memerlukan adaptasi, baik terhadap  perilaku petani yang telah terbiasa menggunakan pupuk atau bahan kimia lainnya  pada kegiatan pertanian, maupun adaptasi pada kondisi lahan pertanian. Petani  yang telah terbiasa menerapkan suatu sistem tertentu pada kegiatan pertanian  biasanya akan sulit untuk mengubah pola perilaku mereka, termasuk jika harus  mengubah kebiasaannya menggunakan bahan-bahan kimia untuk beralih  menggunakan bahan organik secara utuh. Kondisi lahan yang telah terbiasa  menggunakan pupuk kimia juga tidak secara langsung bisa beradaptasi  menggunakan pupuk organik secara utuh (Sutanto, 2002a).


Contoh Skripsi agribusiness:Karakteristik sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Penerapan Teknologi Pertanian Semi Organik Pada Komoditi Padi Sawah
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.