Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Farmasi:Uji Daya Antibakteri dan Antioksidan dari Ekstrak Etanol Daun Bangun-Bangun (Coleus amboinicus Lour.)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Obat tradisional telah dikenal luas pemakaiannya di Indonesia, baik  untuk pemeliharaan kesehatan maupun untuk pengobatan penyakit-penyakit  tertentu. Defenisi obat tradisional menurut UU No 23 tahun 1992 adalah bahan  atau ramuan bahan berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan  galenika, atau campuran dari bahan tersebut yang telah digunakan secara turun  temurun oleh masyarakat.
Salah satu tumbuhan yang digunakan sebagai obat tradisional adalah  daun bangun-bangun yang merupakan salah satu tanaman yang secara turuntemurun digunakan masyarakat Sumatera Utara sebagai menu sayuran sehari-hari  bagi ibu-ibu yang baru melahirkan untuk memperlancar ASI.

Kandungan kimia pada daun bangun-bangun adalah kalium, dan minyak  atsiri 0,2% mangandung karvakrol, fenol, sineol (Wijayakma, 1996). Daun  bangun-bangun juga   mengandung saponin, flavonoida, polifenol dan minyak  atsiri (Depkes RI, 2000). Senyawa-senyawa polifenol secara umum berkhasiat  sebagai antibakteri dan antioksidan. Senyawa-senyawa polifenol mengandung  gugus hidroksil yang dapat bertindak sebagai donor hidrogen terhadap radikal  bebas. Senyawa flavonoid juga dapat membentuk kompleks (khelat) dengan ion  logam transisi, misalnya besi, sehingga tidak lagi bersifat sebagai prooksidan  (Silalahi, J., 2006). Selain itu, senyawa-senyawa polifenol juga dapat membunuh  bakteri dan jamur dengan cara denaturasi protein dan pengurangan tegangan  permukaan sehingga meningkatkan permeabilitas dinding sel bakteri.
  Daun bangun-bangun berkhasiat sebagai karminatif, meningkatkan  keluarnya ASI (laktagoga), menghilangkan  nyeri (analgesik), pereda demam  (antipiretik), batuk, difteri, sakit gigi, sariawan, keracunan tempe bongkrek, dan  sebagai antiseptik (Dalimartha, 2004). Akan tetapi, penggunaan daun bangunbangun pada masyarakat khsnya di Sumatera Utara hanya bagi ibu-ibu yang  baru melahirkan, sementara jika ditinjau dari kandungan senyawa kimianya, daun  bangun-bangun memiliki potensi yang baik sebagai antibakteri dan sebagai  antioksidan alami.


Contoh Skripsi Farmasi:Uji Daya Antibakteri dan Antioksidan dari Ekstrak Etanol Daun Bangun-Bangun (Coleus amboinicus Lour.)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.