Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Penambahan Semen Portland Terhadap Nilai CBR dan UCS Pada Agregat Base Kelas B



BAB  1
PENDAHULUAN  
I. UMUM  
Pada perkerasan Jalan Raya, dibagiatas tiga jenis perkerasan, yaitu  Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, dan gabungan dari keduanya. Perkerasan  lentur mengguanakan bahan pengikat  aspal di bagian surface sedangkan  perkerasan kaku menggunakan lapisan  beton. Selain itu ada pula untuk  penggabungan dua perkerasan ini dapat dilihat pada runway bandara dimana  setelah diperkuat dengan lapisan beton bertulang, di atasnya kemudian dilapisi  lagi dengan perkerasan aspal. Supaya jalan memiliki daya dukung yang tinggi,  maka lapisan pondasi jalan diperkuat dengan penambahan material-material yang  memiliki kualitas yang baik.

 Perkerasan jalan adalah campuran antara agregat dan bahan ikat yang  digunakan untuk melayani beban lalu lintas. Agregat yang dipakai adalah batu  pecah, batu belah, dan batu kali. Sedangkan untuk bahan ikat yang dipakai adalah  aspal, semen dan tanah liat.
Perkembangan dan pertumbuhan penduduk di indonesia sangatlah pesat.
Sejalan pula dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka akan mengakibatkan  semakin meingkatnya mobilitas penduduk. Salah satu prasarana transportasi  adalah jalan yang merupakan kebutuhan sangat tinggi sehingga sangat diperlukan  peningkatan baik dari segi kualitas dan kuantitas jalan yang mampu memenuhi  dan melayani kebutuhan masyarakat.
Universitas Sumatera Utara   2    Semakin berkembangnya cara dan upaya sekarang ini dalam  mengembangkan sarana dan prasarana untuk pembangunan yang berkelanjutan,  maka sudah seharusnya juga para ahli dalam bidang ini untuk terus berusaha dan  memperdalam pengetahuan mengenai struktur perkerasan yang jauh lebih baik  dari yang sudah ada pada saat ini. Dalam kasus ini penulis mencoba meneliti  perkerasan lentur yang akan membahas bagian Base Course nya saja. Mengetahui  apa pengaruh penambahan semen portland terhadap nilai CBR pada agregat base  dengan pemadatan modified.
Lapis pondasi (base course) merupakan salah satu bagian dari struktur  perkerasan jalan raya. Konstruksi lapis pondasi umumnya terdiri material aggregat  batu pecah atau yang lebih dikenal dengan base A, base B atau base C. Akan  tetapi sering terjadi kesulitan mendapatkan material aggregat, terutama pada  daerah-daerah tertentu yang jauh atau langka sumber material tersebut. Untuk  mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif yang yang sering dilaksanakan di  Indonesia adalah metoda stabilisasi dengan menggunakan semen, kapur, fly ash,  bahan kimia atau bitumen.
Semen adalah salah satu material yang sering digunakan sebagai bahan  additive dalam metoda stabilisasi tanah untuk material lapis pondasi. Akan tetapi,  semen merupakan hasil pengolahan industri yang mempunyai harga cukup tinggi  dan berfluktuasi sesuai dengan perkembangan harga pasar. Dengan demikian,  sampai saat ini masih diperlukan suatu bahan additive lain yang dapat digunakan  untuk stabilisasi tanah sebagai bahan material lapis pondasi.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Penambahan Semen Portland Terhadap Nilai CBR dan UCS Pada Agregat Base Kelas B
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.