Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Modal pada Pemerintah KabupatenKota di Provinsi Jawa Barat



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah  
Semenjak reformasi, akuntansi keuangan pemerintah daerah di Indonesia  merupakan salah satu bidang dalam akuntansi sektor publik yang menjadi  perhatian besar dari berbagai pihak. Menurut Pasal 1 Undang-undang (UU)  Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara yang dimaksud dengan  keuangan negara adalah “semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai  dengan uang, serta segala sesuatu, baik berupa uang maupun barang yang dapat  dijadikan milik negara terkait dengan pelaksanaan hak dan kewajiban  tersebut”.
Keuangan daerah dapat diartikan sebagai “semua hak dan kewajiban yang dapat  dinilai dengan uang, juga segala sesuatu, baik berupa uang maupun barang, yang  dapat dijadikan kekayaan daerah sepanjang belum dimiliki/dikuasai oleh negara  atau daerah yang lebih tinggi serta pihak-pihak lain sesuai ketentuan/peraturan  perundangan yang berlaku” (Halim 2007:23).

Menurut UU No. 32 Tahun 2004, definisi otonomi daerah adalah “hak,  wewenang dan kewajiban dari daerah untuk mengurus dan mengatur sendiri  urusan pemerintah dan kepentingan dari masyarakat setempat sesuai dengan  peraturan perundang-undangan”. Keberhasilan dalam menerapkan otonomi daerah  di suatu daerah dapat dilihat dari tingkat kesejahteraan, pelayanan umum, dan  daya saing daerah itu sendiri, sehingga mampu memberikan transparansi dan  akuntabilitas untuk keseluruhan siklus anggaran, baik pendapatan maupun   belanja. Pendapatan asli daerah merupakan salah satu penerimaan daerah yang  mencerminkan suatu tingkat kemandirian daerah. Semakin besar PAD dalam  suatu daerah maka akan menunjukkan bahwa pemerintah daerah itu sendiri  mampu melaksanakan desentralisasi fiskal dan akan semakin berkurangnya  ketergantungan pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat. Dalam  menjalankan otonomi daerah khsnya pada kabupaten/kota di Jawa Barat  dituntut untuk mampu meningkatkan PAD yang menjadi tolak ukur terpenting  bagi kemampuan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan dan mewujudkan  otonomi daerah yang baik dan sejahtera.
Menurut Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), pengertian belanja modal  adalah “pengeluaran yang dilakukan dalam rangka pembentukan modal yang  sifatnya menambah aset tetap/ inventaris yang memberikan manfaat lebih dari  satu periode akuntansi, termasuk di dalamnya adalah pengeluaran untuk biaya  pemeliharaan yang sifatnya mempertahankan atau menambah masa manfaat, serta  meningkatkan kapasitas dan kualitas aset”.  Untuk menambah aset tetap,  pemerintah daerah mengalokasikan dana dalam bentuk anggaran belanja,  khsnya pada belanja modal dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah) yang didasarkan pada kebutuhan daerah demi kelancaran pelaksanaan  tugas pemerintah maupun fasilitas publik.


Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Modal pada Pemerintah KabupatenKota di Provinsi Jawa Barat
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.