Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Electrical Engineering:Studi Gangguan Hubung Singkat Satu Fasa Ketanah Akibat Sambaran Petir Pada Saluran Transmisi



BAB I  
PENDAHULUAN
 I.1. Latar Belakang Masalah  
Perkembangan sistem arus bolak – balik (a.c. system) dimulai di Amerika  Serikat pada tahun 1885, ketika George Westinghouse membeli patent – patent  Amerika yang meliputi sistem transmisi arus bolak – balik yang dikembangkan  oleh L. Gaulard dan J.D. Gibbs dari paris. William Stanley, seorang rekan usaha  Westinghouse yang terdahulu, menguji transformator-transformator di  laboratoriumnya di Great Barrington, Massachusetts. Disana, pada musim dingin  tahun 1885 – 1886, Stanley memasang sistem distribusi a.c. percobaan pertama  yang memberikan tenaga listrik kepada150 buah lampu di dalam kota. Saluran  transmisi a.c. yang pertama di Amerika dioperasikan pada tahun 1890 untuk  membawa listrik yang dibangkitakan dengan tenaga air, sejauh 13 mil dari  Willamette Falls ke Portland, Oregon. Saluran pertama hanyalah berfasa tunggal,  dan dayanya biasanya hanya dipakai untuk penerangan saja.

 Saluran transmisi biasanya dibedakan dari saluran distribusi karena  tegangannya. Di Jepang, saluran transmisi mempunyai tegangan 7 Kv keatas,  sedang saluran distribusi 7 Kv kebawah. DiAmerika Serikat, dikenal tiga jenis  saluran, yakni saluran distribusi dengan tegangan primer 4 sampai 23 Kv, saluran  substranmisi dengan tegangan 13 sampai138 Kv, dan saluran transmisi dengan  tegangan 34,5 Kv ke atas. Saluran transmisi yang bertegangan 230 Kv sampai 765  Kv dinamakan saluran Extra High Voltage(EHV), yang bertegangan diatas 765  Kv dinamakan saluran Ultra High Voltage (UHV). Keuntungan transmisi dengan   tegangan yang lebih tinggi akan menjadi jelas jika kita melihat pada kemampuan  transmisi suatu saluran transmisi. Kemampuan transmisi dari suatu saluran dengan  tegangan tertentu tidak dapat diterapkan dengan pasti, karena kemampuan ini  masih tergantung lagi pada batasan-batasan termal dari penghantar jatuh tegangan.
Penurunan tegangan dari tingkat transmisi pertama-tama terjadi pada stasiun  pembantu bertenaga besar, dimana tegangan diturunkan ke daerah antara 34,5 dan  138 KV, sesuai dengan tegangan saluran transmisi   Setiap kesalahan dalam suatu rangkaian yang menyebabkan terganggunya  aliran arus yang normal disebut gangguan. Sebagian besar dari gangguangangguan yang terjadi pada saluran transmisi bertegangan 115 KV atau lebih  disebabkan oleh petir, yang menyebabkan terjadinya percikan bunga api  (flashover) pada isolator. Tegangan tinggi yang ada diantara penghantar dan  menara atau tiang penyangga yang diketanahkan (grounded) menyebabkan  terjadinya ionisasi. Ini memberikan jalan bagi muatan listrik yang diinduksi  (diimbas) oleh petir mengalir ke tanah. Dengan terbentuknya jalur ionisasi ini,  impedansi ketanah menjadi rendah. Ini memungkinkan mengalirnya arus fasa dari  penghantar ke tanah dan melalui tanah menuju “netralnya”. Gangguan langsung  dari fasa ke fasa tanpa melalui tanah jarang terjadi.Angka pengalaman  menunjukkan bahwa kira-kira 70 % dan 80 % dari gangguan saluran transmisi  adalah gangguan tunggal dari saluran ke tanah yang terjadi karena flashover dari  satu saluran saja ke menara dan tanah.


Contoh Skripsi Electrical Engineering:Studi Gangguan Hubung Singkat Satu Fasa Ketanah Akibat Sambaran Petir Pada Saluran Transmisi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.