BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Penelitian
Perusahaan didirikan
mempunyai tujuan yang
jelas, tujuan perusahaan didirikan adalah untuk memakmurkan pemilik
perusahaan atau pemegang saham.
Tujuan ini
dapat diwujudkan dengan
memaksimalkan nilai perusahaan.
Nilai perusahaan mencerminkan
kinerja suatu perusahaan
yang mempengaruhi pandangan pasar maupun investor tehadap
perusahaan. Jika kinerja perusahaan baik maka
return yang diperoleh akan
semakin tinggi dan
berdampak pada besarnya kemakmuran pemilik. Nilai perusahaan yang go public
di pasar modal tercermin dalam
harga saham perusahaan, sedangkan nilai perusahaan yang belum go public nilainya terealisasi
apabila perusahaan akan
dijual, prospek perusahaan,
resiko usaha, lingkungan usaha
dan lain-lain.
Nilai perusahaan
merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah
melalui suatu proses
kegiatan selama beberapa
tahun, yaitu sejak perusahaan tersebut
didirikan sampai dengan
saat ini. Meningkatnya
nilai perusahaan adalah sebuah
prestasi, yang sesuai dengan keinginan para pemiliknya.
Karena dengan
meningkatnya nilai perusahaan, maka kesejahteraan para pemilik juga akan meningkat. Peningkatan nilai
perusahaan bisa dicapai apabila manajemen perusahaan
mampu menjalin kerja
sama yang baik
dengan pihak lain
dalam membuat keputusan-keputusan
keuangan. Pihak lain tersebut diantaranya meliputi shareholderdan stakeholder. Apabila tindakan
yang dilakukan manajer dan pihak lain
dapat berjalan sebagaimana
mestinya, maka permasalahannya tidak
akan terjadi di antara kedua
belah pihak tersebut, akan tetapi
kondisi yang sesungguhnya, penyatuan kepentingan
antara kedua belah
pihak tersebut sering
kali menemui masalah.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi nilai perusahaan
adalah ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, keunikan
perusahaan, nilai aktiva, dividen, penghematan
pajak, struktur modal, fluktuasi nilai tukar, dan kedaan pasar modal.
Faktor-faktor lain
yang juga mempengaruhi
nilai perusahaan adalah
kebijakan dividen,
profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan.
Proksi tolak
ukur nilai perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rasio Tobin’s Q. Rasio Tobin’s Q ini dikembangkan oleh
Profesor James Tobin (1967). Nilai
perusahaan merupakan nilai pasar dari suatu ekuitas perusahaan ditambah hutang. Dengan demikian penambahan
dari jumlah ekuitas perusahaan dengan
hutang perusahaan dapat mencerminkan nilai perusahaan. Bila Tobin’s Q ini
lebih rendah dari
1, maka perusahaan
akan menjadi sasaran
akuisisi yang menarik
baik untuk digabungkan
dengan perusahaan ataupun
untuk likuidasi.
Contoh Skripsi Akuntansi :Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.