BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era
globalisasi saat ini, dunia usaha semakin berkembang pesat. Hal ini ditandai
dengan perusahaan – perusahaan
baru yang terus
banyak bermunculan.
Semakin ketatnya
persaingan tersebut, menyebabkan
perusahaan harus lebih efektif dan
efisien dalam melakukan
kegiatan operasi agar
dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan.
Perkembangan bisnis
yang semakin modern
menuntut perusahaan mulai berkompetisi dalam
mempertahankan usahanya, hal
ini dimaksudkan bahwa perusahaan bukan
hanya dituntut untuk
fokus pada perbaikan
dan peningkatan kondisi
internal perusahaan atau
dalam artian mencari
profit saja, namun juga perusahaan dituntut
untuk fokus dalam
mengembangkan hubungan sosial
pada kondisi eksternal perusahaan
yang merupakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada stakeholder.
Tanggung jawab
sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility)yang sebelumnya masih merupakan isu marginal, kini
telah menjadi isu yang semakin populer di
kalangan pengusaha, bahkan
ditempatkan pada posisi
yang kian penting. Oleh karena itu, dikalangan dunia
usaha pada saat ini sedikit demi sedikit mulai merespon akan isu CSR ini. Bahkan, bukan
hanya sekedar mengikuti trend saja, melainkan juga memahami esensi dan
manfaatnya.
CSR
sebagai sebuah gagasan,perusahaan tidak
lagi dihadapkan pada tanggung jawab
yang berpijak pada
single bottom line,
yaitu nilai perusahaan (corporate value)yang direfleksikan dalam
kondisi keuangannya (financial)saja.
Tapi, tanggung
jawab perusahaan harus berpijak pada
triple bottom lines. Di sini bottom lines
lainnya selain finansial
juga adalah sosial
dan lingkungan. Karena kondisi
keuangan saja tidak
cukup menjamin nilai
perusahaan tumbuh secara berkelanjutan atau sustainable ( Daniri,
2007dalam Sinamo, 2014).
Tanggung jawab
sosial perusahaan dapat pula dikatakan sebagai hubungan yang
terjadi antara sebuah
perusahaan dengan semua
stakeholder, termasuk didalamnya
adalah pelanggan, pegawai,
komunitas, pemilik atau
investor, pemerintah, supplierbahkan juga kompetitor. Tanggungjawab
sosial perusahaan (CSR) diharapkan
akan mampu menaikkan
nilai perusahaan. Karena, kegiatan CSR
merupakan keberpihakan perusahaan
terhadap masyarakat maupun lingkungan.
Sebuah
perusahaan pada umumnya didirikan dengan suatu tujuan tertentu.
Contoh Skripsi Akuntansi :Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.