Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Rancangan Fasilitas Kerja Pada Operator Pembuatan Kuali Berdasarkan Pendekatan Ergonomi Di Ud Satria | Contoh Skripsi
Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Rancangan Fasilitas Kerja Pada Operator Pembuatan Kuali Berdasarkan Pendekatan Ergonomi Di Ud Satria



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Permasalahan Lingkungan kerja  merupakan salah satu komponen yang harus  diperhatikan dalam suatu pekerjaan. Lingkungan kerja yang tidak memperhatikan  kenyamanan, kepuasan, keselamatan dan kesehatan kerja tentunya akan sangat  berpengaruh terhadap  kondisi  kerja manusia. Perancangan stasiun kerja  (redesign) harus memperhatikan peranan dan fungsi pokok dari komponenkomponen sistem kerja yang terlibat yaitu manusia, mesin/peralatan dan  lingkungan fisik kerja.
Fasilitas kerja yang digunakan oleh operator dalam menyelesaikan  tugasnya merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi  performansi  kerja dalam suatu sistem kerja. Fasilitas kerja yang baik harus memperhatikan  kenyamanan bagi pekerja yang menggunakannya. Fasilitas kerja yang tidak sesuai  dan sikap kerja yang salah dapat mengakibatkan terjadinya masalah-masalah pada  tubuh pekerja serta menurunnya produktivitas kerja.

UD Satria adalah industri kecil yang bergerak dalam bidang usaha pandai  besi yaitu pembuatan kuali. Pembuatan kuali meliputi beberapa tahap, yaitu  dimulai dari tahap pengukuran dimensi kuali, pemotongan, pemukulan kasar,  pemukulan halus, penghalusan tepi kuali, pembuatan kuping kuali, dan  pemasangan kuping kuali.
Penelitian dilakukan pada stasiun pemukulan halus yang dilakukan oleh  dua orang pekerja yang bekerja di atas kursi dengan ketinggian 20 cm dan velg  diletakkan di atas lantai sebagai wadah pemukul. Ketinggian velg yang lebih  rendah dari kursi mengakibatkan posisi tubuh operator membungkuk serta kaki  kanan operator digunakan sebagai penyangga agar kuali tetap berada dalam  wadah pemukul. Frekuensi pemukulan pada tahap pemukulan halus mencapai 100  hingga 110 kali pukulan per menit pada kuali berdiameter 55 cm dan produk yang  dihasilkan ± 15 unit per hari. Kondisi aktual operator saat melakukan pemukulan  halus dapat dilihat pada gambar 1.
Kondisi Aktual Saat Operator Melakukan Pemukulan Halus  Kondisi nyata pada UD Satria menunjukkan bahwa terdapat beberapa  masalah ergonomi yang perlu segera dilakukan perbaikan untuk meningkatkan  kinerja serta mengurangi masalah-masalah yang ada, yaitu fasilitas kerja yang  tidak mendukung sehingga operator bekerja dalam kondisi membungkuk. Hasil  perhitungan postur kerja dengan REBA didapatkan nilai 12 untuk bagian tubuh  kanan dan 11 untuk bagian tubuh kiri, yang berarti level resiko sangat tinggi untuk  bagian tubuh kanan dan kiri. Penelitian yang dilakukan berupa perbaikan postur  kerja dengan penggunaan kursi kerja dan velg dengan ketinggian 44,92 cm dan  49,90 cm yang telah dirancang sebelumnya pada penelitian Sepri Benny (2014)  sesuai dengan antropometri agar perbaikan yang dilakukan dapat mengurangi  keluhan muskuloskeletal dan tidak cepat lelah.


Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Rancangan Fasilitas Kerja Pada Operator Pembuatan Kuali Berdasarkan Pendekatan Ergonomi Di Ud Satria
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.