Contoh Skripsi Industrial Engineering:Usulan Perbaikan Pelayanan RSUD Dr. Pirngadi dengan Integrasi Fuzzy Servqual dan Quality Function Deployment (QFD) | Contoh Skripsi
Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Usulan Perbaikan Pelayanan RSUD Dr. Pirngadi dengan Integrasi Fuzzy Servqual dan Quality Function Deployment (QFD)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah
Kualitas  merupakan  faktor  yang  sangat  penting  dan  telah  menjadi  isu  sentral  di  era  ini.  Kualitas  tidak  hanya  menjadi  variabel  penting  sektor  industri  manufaktur  namun  juga  sektor  industri  jasa.  Kualitas  jasa  pada  dasarnya  lebih  sulit  untuk  dievaluasi  dibandingkan  dengan  kualitas  suatu  produk  fisik  yang  bersifat  nyata.  Oleh  karena  itu,  kriteria  yang  tepat  untuk  mengevaluasi  jasa  cenderung lebih sulit untuk dipahami oleh pengguna dan penyedia jasa. Salah satu  bentuk  pelayanan  di  bidang  jasa  adalah  pelayanan  kesehatan,  yang  merupakan  bagian pelayanan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
Pada dasarnya  penyedia  jasa  kesehatan  memiliki  beberapa  sarana,  salah  satu  sarana  pelayanan  kesehatan  yang  mempunyai  peran  sangat  penting  dalam  memberikan  pelayanan  kesehatan kepada masyarakat adalah rumah sakit.  Rumah sakit sebagai penyedia  jasa kesehatan harus tetap menjaga kualitas pelayanan sehingga mampu bersaing  dengan rumah sakit lain yang ada di kota  dimana  jumlah rumah sakit yang  terdapat  di  Kota    saat  ini  berjumlah  71  (sumber  :  dinas  kesehatan  Kota  ),  hal ini memberikan gambaran bahwa persaingan dalam merebut  market  share  cukup tinggi disamping kewajiban dan tanggung jawab rumah sakit untuk  memberikan  pelayanan  kesehatan  bagi  setiap  individu  yang  membutuhkan,  sehingga kualitas pelayanan harus tetap dijaga dengan baik.
RSUD  Dr.  Pirngadi    sebagai  salah  satu  penyedia  jasa  layanan  kesehatan bagi masyarakat belum sepenuhnya mampu memenuhi kualitas layanan  yang  diinginkan  pengguna  jasa  kesehatan,  dimana  pengguna  jasa  kesehatan merasakan  beberapa  keluhan  terhadap  kualitas  jasa  kesehatan  yang  di  sediakan  rumah  sakit  seperti  tingkat  pengalaman  dokter  dan  tenaga  medis,  ketepatan  dokter,  paramedis,  dan  karyawan  dalam  menganalisis  kebutuhan  pasien,  ketersediaan  waktu  konsultasi  yang  memadai  dengan  dokter,  kesigapan  tenaga  medis dan karyawan  dalam melakukan tugasnya juga menjadi salah satu keluhan  pengguna layanan kesehatan.
Berdasarkan keluhan konsumen dalam hal ini pasien rawat inap kelas III  RSUD Dr. Pirrngadi  pelayanan rumah  sakit belum terpenuhi secara baik.
Untuk memenuhi ekspektasi pelanggan terhadap pelayanan kesehatan, maka perlu  dianalisis  kualitas  pelayanan  yang  diberikan  oleh  RSUD  Dr.  Pirngadi.  Untuk  menganalisis  masalah  pelayanan  yang  terjadi  dan  memberikan  solusi  metode  pelayanan  yang  lebih  baik,  maka  digunakan  metode  fuzzy  Servqual  dan  metode Quality Function Deployment. (QFD).
Metode  fuzzy  Servqual  digunakan  untuk  menentukan  atribut  kebutuhan  pelanggan  dan  menghitung  gap  (kesenjangan)  antara  pelayanan  yang  diberikan  dengan  harapan  pelanggan.  Metode  Quality  Function  Deployment  (QFD)  akan  menerjemahkan  apa  yang  dibutuhkan  pelanggan  menjadi  apa  yang  harus  dihasilkan  oleh  perusahaan.  Metode  Quality  Function  Deployment  (QFD)  telah  terbukti  sebagai  alat  yang  efektif  dalam  mengatur  produk/jasa  dalam  berbagai  industri, termasuk juga pelayanan kesehatan.   Metode  Servqual dan QFD  sudah pernah digunakan  oleh Hot Pangihutan  Sianturi  dan  Moses  Laksono  Singgih  untuk  perbaikan  kualitas  layanan  instalasi  rawat  jalan  rumah  sakit  yang  bertujuan  untuk  meningkatkan  kualitas  pelayanan  rumah  sakit  guna  meningkatkan  keunggulan  bersaing.  House  of  Quality  QFD  digunakan  untuk  menganalisis  lan  perbaikan  kualitas  layanan  yang  menjadi  seolusi dari permasalahan untuk dilakukan oleh pihak manajemen instalasi rawat  jalan rumah sakit.  Metode Fuzzy Servqual  dan QFD juga digunakan oleh Evelyn  Darmawan  dalam  upaya  peningkatan  kualitas  layanan  pada  bengkel  mobil.


Contoh Skripsi Industrial Engineering:Usulan Perbaikan Pelayanan RSUD Dr. Pirngadi dengan Integrasi Fuzzy Servqual dan Quality Function Deployment (QFD)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.