Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Farmasi:Penerapan Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) Pada Penetapan Kadar Kloramfenikol Dalam Sediaan Kapsul Dengan Nama Dagang Dan Generik



BAB I  
PENDAHULUAN  
1.1 Latar Belakang  
Kloramfenikol adalah salah satu senyawa antibiotik yang pertama kali  diisolasi pada tahun 1947 dari Streptomyces venezuelae yang bekerja dengan cara  menghambat sintesis protein bakteri. Senyawa ini umumnya bersifat  bakteoristatik pada konsentrasi tinggi dan terkadang bersifat bakterisid terhadap  bakteri tertentu. Antibiotik ini aktif terhadap berbagai jenis bakteri gram positif  dan gram negatif dan biasanya digunakan dalam bentuk sediaan kapsul karena  rasanya sangat pahit. Selain itu, sediaanya juga terdapat dalam bentuk obat tetes  mata, tetes telinga, salep mata dan salep kulit (Kunardi dan Setiabudy, 1995).

 Menurut undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pada  ayat 1 pasal 105, dinyatakan bahwa sediaanfarmasi yang berupa obat dan bahan  baku obat harus memenuhi syarat Farmakope Indonesia atau buku standar lain.
Salah satu persyaratan parameter obat tersebut dikatakan mutunya bila obat  tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.
 Dalam perdagangan sediaan kapsul kloramfenikol dijumpai dengan nama  dagang dan nama generik. Obat nama generik harganya jauh lebih murah daripada  obat dengan nama dagang. Sementara masyarakat cenderung menilai bahwa  kualitas obat identik dengan harganya, dengan anggapan obat yang lebih mahal,  mutunya lebih baik daripada obat yang murah harganya (Depkes, 1989).
 Dalam memenuhi pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat khsnya  obat - obatan, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan  Republik Indonesia Nomor HK.02.02/MENKES/068/I/2010 tentang kewajiban   menuliskan resep dan menggunakan obat generik di fasilitas pelayanan kesehatan  pemerintah.
 Menurut Farmakope Indonesia edisi IV (1995), penentuan kadar  kloramfenikol dalam sediaan kapsul dilakukan secara Kromatografi Cair Kinerja  Tinggi (KCKT) menggunakan fase gerak campuran Air-Metanol-Asam asetat  glasial dengan perbandingan 55 : 45 : 0,1, laju air 1,0 ml/menit menggunakan  kolom L1-Oktadesilsilan (4,6 mm x 10 cm) pada panjang gelombang 280 nm.


Contoh Skripsi Farmasi:Penerapan Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) Pada Penetapan Kadar Kloramfenikol Dalam Sediaan Kapsul Dengan Nama Dagang Dan Generik
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.