Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Farmasi:Karakterisasi Simplisia, Skrining Fitokimia Dan Isolasi Senyawa Flavonoida Dari Daun Tanaman Ekor Naga (Rhaphidophora pinnata Schott.)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar belakang
Indonesia sangat kaya akan jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk  tujuan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit maupun pengobatan berbagai  penyakit. Tumbuhan mengandung berbagai jenis senyawa kimia, mulai dari struktur  dan sifat sederhana sampai yang sangat rumit dan unik. Beragam jenis dari senyawa  kimia yang terkandung dalam tumbuhan berkhasiat obat penelitiannya telah lama  dilakukan, baik untuk memperoleh senyawa baru maupun keaneka ragaman senyawa  yang telah ada (Endjo, D & Hernani, 2004).

Berdasarkan  pengalaman turun-temurun,  penggunaan tanaman  herbal  dianggap cukup manjur untuk mengobati berbagai macam penyakit. Rendahnya  pengetahuan tentang kandungan senyawa obat sehingga menimbulkan keraguan bagi  yang belum membuktikannya. Saat ini masih banyak misteri dibalik kandungan dan  manfaat tanaman obat yang belum terungkap, pada akhirnya tanaman obat herbal  tersebut harus dipertanggung jawabkan secara medis dan ilmiah (Mangan, 2003).
Salah satu tanaman obat yang digunakan secara tradisional oleh masyarakat  Indonesia adalah ”tanaman ekor naga” (Rhaphidophora pinnata Schott.). Tanaman  ini merupakan tumbuhan merambat, batang bulat, mempunyai akar pelekat dan akar  gantung, serta mempunyai banyak kegunaan (Heyne, 1987).
Seiring dengan perkembangan dunia kedokteran, tidak dapat dipungkiri  bahwa cara pengobatan yang berkembang di masyarakat saat ini dengan cara alami.
Penelitian ilmiah yang berhasil mengungkapkan khasiat, manfaat terapi penyakit,    mendorong munculnya paradigma baru dalam dunia kedokteran modern, yaitu back  to nature. Contohnya daun tanaman ekor naga (Rhaphidophorae pinnatae Folium)  suku araceae yang mengandung senyawa flavonoida, saponin, glikosida,  steroida/triterpenoida. (Mangan, 2003; Anonim, 2008).
Flavonoida merupakan salah satu golongan fenol alam terbesar. Flavonoida  terdapat pada semua tumbuhan hijau dan banyak digunakan dalam pengobatan  tradisional sebagai antikoagulan, antioksidan, anti hipertensi, antivirus, anti inflamasi,  anti sariawan (Farnsworth, 1966; Robinson, 1995).
Untuk memisahkan senyawa flavonoida dari daun tumbuhan ekor naga  (Rhaphidophorae pinnatae Folium) digunakan kromatografi kertas (KKt), KKt  merupakan cara kromatografi yang paling umum dan berguna, yang dilakukan oleh  kimiawan pada saat ini (Markham, 1988).


Contoh Skripsi Farmasi:Karakterisasi Simplisia, Skrining Fitokimia Dan Isolasi Senyawa Flavonoida Dari Daun Tanaman Ekor Naga (Rhaphidophora pinnata Schott.)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.