Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Perencanaan Kebutuhan Kapasitas Produksi pada PT. Bandar-Bunder



BAB I  
PENDAHULUAN  
1.1.  Latar Belakang  
Setiap perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memuaskan  konsumen dengan cara memenuhi permintaan konsumen tepat waktu dan dengan  jumlah  yang  sesuai.  Produk-produk  dari  lingkungan  make  to  stock  biasanya  dikirim  secara  langsung  dari  gudang  produk  akhir  dan  karena  itu  harus  ada  persediaan  sebelum  pesanan  pelanggan  tiba.  Hal  ini  berarti  produk  akhir  harus  dibuat atau diselesaikan terlebih dahulu sebelum menerima pesanan pelanggan.
Permintaan konsumen dapat terealisasi seluruhnya di dalam jadwal induk  produksi  jika  didukung  oleh  kapasitas  produksi  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  produksi  di  dalam  menghasilkan  persediaan  produk  jadi.
Jadwal  induk  produksi  dapat  dengan  mudah  direalisasikan  apabila  permintaan  konsumen  bersifat  konstan,  namun  kenyataannya  perusahaan  tak  jarang  mengalami  fluktuasi  permintaan  yang  cenderung  meningkat  dan  tidak  stabil.   Permintaan  yang  berfluktuasi  menimbulkan  kesulitan  tersendiri  pada  perusahaan  karena  sumber  daya produksi seperti kapasitas produksi dan tenaga operator  yang dimiliki oleh  perusahaan relatif konstan.
PT. Bandar Bunder adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam  bidang produksi peralatan makan yang berbahan baku dari stainless steel, seperti  wajan, asbak, sendok, dan garpu. PT. Bandar Bunder beroperasi berdasarkan  sistem make to stock.
 Sendok dan garpu merupakan produk yang memiliki jumlah permintaan  paling tinggi dibandingkan dengan produk lainnya. Selama tahun 2012, PT.
Bandar Bunder mengalami ketidakmampuan dalam memenuhi permintaan  konsumen akan produk sendok dan garpu sebanyak 4 periode, yakni periode  April 2012, Mei 2012, Juli 2012, dan Oktober 2012. Ketidakmampuan tersebut  dikarenakan persediaan produk jadi yang dimiliki perusahaan tidak sesuai dengan  jumlah permintaan konsumen. Ketidaksesuaian itu disebabkan oleh fluktuasi  permintaan yang cenderung meningkat sementara kapasitas mesin produksi yang  dimiliki perusahaan terbatas sehingga perusahaan tidak mampu menyediakan  produk jadi yang sesuai dengan permintaan konsumen. Permintaan yang tidak  dapat terpenuhi pada periode April 2012 adalah sebanyak 8.371 unit, pada  periode Mei 2012 adalah sebanyak 18.807 unit, pada periode Juli 2012 adalah  sebanyak 8.234 unit, dan 1.290 unit pada periode Oktober 2012. Diketahui harga  jual produk sendok/garpu adalah Rp 1.200, dan jika perusahaan terus menerus  tidak dapat memenuhi permintaan maka perusahaan dapat mengalami kehilangan  pendapatan sebesar Rp. 44.042.400 setiap tahunnya.


Contoh Skripsi Industrial Engineering:Perencanaan Kebutuhan Kapasitas Produksi pada PT. Bandar-Bunder
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.