Contoh Skripsi Electrical Engineering:Panas Pada Generator Induksi Saat Pembebanan



BAB I
PENDAHULUAN
 I.1.  Latar Belakang Masalah  
Seiring dengan perkembangan zaman, tuntutan terhadap penyediaan energi  listrik semakin meningkat. Saat ini di Indonesia pembangkitan energi listrik masih  mengandalkan batubara, minyak bumi dan gas bumi yang bersifat tak terbarukan.
 Oleh karena itu, perlu dikembangkan pemanfaatan energi alternatif seperti energi  matahari, angin, air, biomassa dan panas bumi. Potensi energi alternatif yang  melimpah di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai penggerak mula pembangkit  tenaga listrik di daerah terpencil. Untuk mengkonversi energi alternatif tersebut  menjadi energi listrik, maka digunakan generator. Dengan mempertimbangkan  berbagai keunggulan yang dimiliki generator induksi maka perlu dikembangkan  pemakaian generator induksi yang berdiri sendiri (stand alone).

 Pemakaian generator induksi mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan  dengan generator sinkron antara lain harga unitnya murah, konstruksinya kuat dan  sederhana, mudah dalam pengoperasiannya, memerlukan sedikit perawatan, dan  mempunyai keandalan yang tinggi. Menurut Bansal (2005), keunggulan generator  induksi lainnya adalah reduksi unit cost dan ukuran, tanpa sikat, ketiadaan sumber  DC terpisah, kemampuan proteksi diri terhadap beberapa kondisi beban lebih dan  hubung singkat.
  Disamping mempunyai keunggulan, generator induksi juga mempunyai  beberapa kelemahan, antara lain masalah kebutuhan daya reaktif, tegangan dan  frekuensi yang timbul ketika beroperasi sendiri (stand alone). Generator induksi juga  menghasilkan harmonik akibat inti besinya jenuh (Grady and Santosa, 2001).
 Abbreau et al (2003) mengamati bahwa pada sistem tenaga listrik terisolasi  yang terhubung dengan beban non linear akan menghasilkan arus harmonik yang  menyebabkan distorsi tegangan. Abbreau et al (2004) juga mengamati bahwa motor  induksi yang disuplai dengan tegangan tak sinusoidal akan mengalami pemanasan  lebih pada rotornya. Panas yang  berlebihan akan menyebabkan penurunan kondisi  atau kerusakan pada isolasi dalam kumparan pada mesin, sehingga mengurangi umur  pakai. Secara umum, dikatakan bahwa setiap penambahan panasan   C pada  winding  dengan waktu lama atau terus menerus, mengakibatkan umur isolasi  berkurang setengahnya. Untuk itu dalam tugas akhir ini, penulis akan membahas  mengenai panaspada generator induksi saat pembebanan.


Contoh Skripsi Electrical Engineering:Panas Pada Generator Induksi Saat Pembebanan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.