Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Perputaran Persediaan Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI

BAB  PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah Salah satu tujuan dari sebuah perusahaan adalah untuk tetap bertahan  dalam persaingan dan terus bertumbuh. Saat ini semua perusahaan telah masuk  dalam era globalisasi dengan persaingan yang ketat disertai eliminasi bagi  perusahaan yang tidak mampu bertahan. Untuk tetap bertahan dalam kompetisi,  diperlukan manajemen dengan tingkat efektifitas yang tinggi, untuk menghasil  kan laba bagi perusahaan.
Laba atau profit merupakan salah satu tujuan utama berdirinya perusahaan.

Tanpa diperolehnya laba, perusahaan tidak mampu untuk bertahan dalam  persaingan dan bertumbuh. Laba juga merupakan ukuran dari tingkat efektifitas  manajemen dan aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya. Untuk mengukur  laba dapat dilakukan dengan rasio profitabilitas, dengan mengetahui rasio  profitabilitas  yang dimiliki, perusahaan dapat memonitor perkembangan  perusahaan dari waktu ke waktu.
Profitabilitas adalah hasil akhir dari sejumlah kebijakan dan keputusan  yang dilakukan oleh perusahaan dan merupakan sautu kemampuan perusahaan  untuk  memperooleh laba selama periode tertentu.  Profitabilitas  akan  menunjukkan pengaruh antara likuiditas, aktiva, dan utang pada hasil-hasil  operasi. Ada beberapa ukuran yang dapat dipakai untuk melihat kondisi  profitabilitas  suatu perusahaan antara lain dengan menggunakan tingkat  pengembalian investasi.  Rasio ini mengukur kompensasi keuangan kepada   penyedia pendanaan ekuitas dan utang. Selain itu profitabilitas dapat diukur  dengan tingkat pengembalian aset. Rasio ini mengukur tingkat pengembalian total  aktiva setelah beban bunga dan pajak (Subramanyam. 2010 : 44 ). Rasio ini diukur  dengan membandingkan laba bersih terhadap rata-rata total asset. Semakin tinggi  laba bersih terhadap rata-rata total asset maka ROA akan semakin tinggi dan  semakin baik bagi perusahaan.
Beberapa usaha yang sering dilakukan oleh perusahaan untuk  menunjukkan rasio yang menarik investor untuk tertarik berinvestasi di  perusahaan dan menunjukkan tingkat profitabilitas yang tinggi adalah dengan  meningkatkan ROA. Penelitian ini menggunakan ROA sebagai alat untuk  mengukur profitabilitas perusahaan. Rasio ini merupakan rasio yang terpenting  diantara rasio rentabilitas yang ada. Rasio ROA  sering digunakan untuk  mengevaluasi unit-unit usaha dalam perusahaan multidivisional. Selain itu dengan  meningkatkan penjualan persediaan sehingga perputaran persediaan barang juga  meningkat.
Persediaan merupakan salah satu pos dari aktiva lancar dan memiliki nilai  yang cukup besar. Pada perusahaan manufaktur persediaan merupakan unsur yang  akktif dalam operasi  perusahaan yang secara terus-menerus dibeli, diperoses  menjadi barang setengan jadi maupun barang jadi, kemudiaan dijual kepada  konsumen. Persediaan mempermudah jalanya operasi perusahaan, dengan adanya  pengelolaan yang baik pada persediaan maka perusahaan dapar segera mengubah  persediaan yang tersimpan menjadi laba melalui penjualan.

 Perputaran persediaan hasil ukur dengan membandingan antara harga  pokok penjualan dengan rata-rata persediaan (Subramanyam 2010 : 45). Dimana  semakin tinggi perputaran persediaan, menunjukkan bahwa semakin tinggi biaya  yang dapat ditekan oleh perusahaan, dan juga perusahaan semakin cepat dalam  melakukan penjualan barang dagang. Laba yang dihasilkan perusahaan akan  semakin besar juga diakibatkan beban yang dapat ditekan. Untuk mencapai  tingkat perputaran persediaan yang tinggi banyak hal yang harus diperhatikan oleh  perusahaan, diantaranya pengelolahan persediaan secara teratur dan efisien,  meningkatkan kualitas barang, dan memenuhi apa yang menjadi keinginan  konsumen.

Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Perputaran Persediaan Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.