Contoh Skripsi Agricultural:Upaya Meningkatkan Kinerja Kariawan Food And Beverage Devartement Untuk Meningkatkan Khualitas Pelayanan


BABI  PENDAHULUAN  
1.1 Alasan Pemilihan Judul Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi bagi orang-orang yang  melakukan perjalanan untuk berbagai tujuan. Sebagaimana keputusan mentri  pariwisata Pos dan  Telekomunikasi No. KM 37/pw-340/MPPT-86 memberikan  batasan bahwa hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian  atau seluruh bangunan untuk menyediakan layanan penginapan,  makanan dan  minuman serta  jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
Selanjutnya dalam peraturan pemerintah Republik Indonesia No.67 tahun 1996  tentang penyelenggaraan kepariwisataan Republik indonesia pada pasal 61 di  nyatakan bahwa “Pelayanan pokok usaha hotel yang harus disediakan sekurang  kurangnya harus meliputi penyediaan kamar tempat menginap, penyediaan tempat  dan pelayanan makan dan minum, penyediaan pelayanan pencucian pakaian/binatu  dan penyediaan fasilitas lainnya.

Dalam kehidupan sosial ekonomi dewasa ini,  sebagian besar anggota  masyarakat terutama di kota-kota besar, lebih banyak menghabiskan waktu  melakukan kegiatan sehari-hari di luar rumah, seperti sebagai akibat seperti makanan  dan minuman di hotel, dikantin, restoran,  coffee shop,  dan sebagainya.
Seiring dengan keadaan fenomena tersebut, semakin berkembang – berkembang pula  usaha dalam bidang usaha makanan dan minuman (food and beverage).
Agar dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin, para pengusaha Food and  Beverage saling bersaing dalam peningkatan mutu dengan cita rasa makanan dengan  melakukan berbagai cara diantaranya:  -  Komposisi menu  -  Kandungan gizi  -  Tatawarna dan penyajian yang menarik  -  Rasa yang memenuhi standar selera -  Hidangan sehat dan bersih   -  Aroma hidangan yang menggugah selera  Tetapi peningkatan tersebut di atas belumlah cukup tanpa ditunjang dengan  apa yang disebut jasa pelayanan profesional. Hal ini merupakan kunci utama untuk  mencapai keberhasilan usaha Food and Beverage.
Pramusaji adalah karyawan restoran yang mempunyai tugas dan tanggung  jawab melayani kebutuhan makan dan minum bagi para  tamu hotel secara  profesional. Mereka merupakan ujung tombak dan  sangat berperan dalam  memberikan pelayanan yang memuaskan  kepada para tamu yang secara  tidak  langsung akan memberikan keuntungan kepada hotel.
Seorang pramusaji hotel yang profesional harus dapat melayani kebutuhan  makan dan minum para tamu dengan baik dan memuaskan. Melalui komunikasi  dengan para pelanggan, seorang pramusaji harus dapat segera mengetahui keinginan  dan kebutuhan para tamu serta dapat mewujudkannya. Tanpa memahami kemauan  dan keinginan pelanggan, mustahil pelayanan yang diberikan akan memuaskan  pelanggan. Jika pelanggan puas, mereka akan terdorong untuk datang kembali. Hal  ini akan membuat usaha  Food and Beverge  terus berkesinambungan dan dapat  berkembang, sehingga mencapai sasaran yang diinginkan.
Kesuksesan dapat dilihat dan dinilai dari tingkat hunian kamar, namun selain  faktor itu ada faktor lain yang mendorong kesuksesan hotel tersebut adalah dari penjualan makanan dan minuman serta sarana dan fasilitas lain yang dimiliki oleh  hotel tersebut.
Memberikan pelayanan dengan mutu yang baik merupakan salah satu upaya  untuk meningkatkan kesan para tamu . Namun memberikan pelayanan yang bermutu  bukan hal mudah untuk dicapai, karena setiap karyawan hotel berpotensi untuk  melakukan kesalahan. Memberikan pelayanan yang bermutu bukanlah suatu hal yang  mudah untuk dilakukan dan selalu membutuhkan perbaikan dan perlu upaya  manajemen hotel untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam meningkatkan kualitas  pelayanan.
Dengan melihat arti pentingnya pelayanan, maka penulis tertarik untuk  membahas masalah ini sebagai judul yang diajukan dalam kertas karya yaitu   “UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT  UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI  ASEAN INTERNATIONAL HOTEL MEDAN”.
1.2 Batasan Masalah  Dalam penulisan kertas karya ini, batasan masalah dan ruang lingkup kegiatan  yang ada di Food and Beverage Department sangat luas. Untuk itu dibuat batasan  masalah yang berhubungan dengan kinerja karyawan dan membahas bagian-bagian  yang berhubungan erat dengan Food and Beverage dalam usaha meningkatkan  kualitas pelayanan.
1.3. Tujuan Penulisan  Tujuan penulisan kertas karya ini adalah:  1. Memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan Program Studi D-III Pariwisata  Fakultas Sastra .
2. Menganalisa antara teori dan praktek yang diperoleh selama perkuliahan.
3. Memberikan masukan kepada penulis tentang penyebab kurangnya kualitas  pelayanan yang diberikan di hotel.
1.4 Metode Penelitian Dalam penyelesaian kertas karya ini, membutuhkan data dan informasi yang  akurat berhubungan dengan kinerja karyawan yang diperoleh dari penelitian.Adapun  metode penelitian yang digunakan adalah:  1. Penelitian Kepustakaan  Penelitian dan pengumpulan data yang diperoleh dari buku, majalah serta  sumber yang berkaitan dengan kertas karya ini.
2. Penelitian Lapangan   a.  Praktek Kerja Lapangan adalah penelitian langsung yang dilakukan penulis  dengan turut serta melakukan kegiatan operasional hotel.
b.  Wawancara dengan Food and Beverage Managerdan Softyang berkaitan.
1.5 Sistematika Penulisan  Pada kertas karya ini, semua uraian yang akan dibahas dan disn penulis  secara sistematis dengan membagi menjadi 5 BAB yaitu:  BAB I   :   PENDAHULUAN  Bab ini menjelaskan mengenai alasan Pemilihan Judul, Batasan  Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penelitian serta Sistematika  Penulisan.
BAB II  : URAIAN  TEORITIS TENTANG KINERJA KARYAWAN  DAN PELAYANANNYA.
Bab ini menjelaskan mengenai pengertian  Food and Beverage  Department, pengertian karyawan dan kinerja karyawan, orientasi  pelatihan karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan,  pelayanan  dan arti kualitas  pelayanan serta upaya untuk  meningkatkan kualitas pelayanan.
BAB III : TINJAUAN  UMUM TENTANG ASEAN  HOTEL  INTERNATIONAL MEDAN  Bab ini menjelaskan tentang sejarah berdirinya hotel, klasifikasi  hotel, fasilitas yang dimiliki, serta struktur organisasi hotel.
BAB IV  :   UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN FOOD  AND BEVERAGE DEPARIMENT  UNTUK  MENINGKATKAN KUAL1TAS PELAYANAN ASEAN HOTEL INTERNATIONAL MEDAN.
Bab ini menjelaskan tentang upaya yang dilakukan  Food and  Beverage Department  dalam meningkatkan kinerja karyawan,  upaya  untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Asean  International Hotel Medan   BAB V   :   PENUTUP  Bab ini  menjelaskan tentang seluruh dan isi kertas karya yang  berupa kesimpulan dan saran.



 Skripsi  Agricultural:Upaya Meningkatkan Kinerja Kariawan Food And Beverage Devartement Untuk Meningkatkan Khualitas Pelayanan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads