Skripsi Manajemen:Analisis Pengaruh Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Celana Jeans Wrangler


BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah  Adanya dorongan terhadap pasar yang semula berbentuk sales  market dimana kekuatan pasar berada di tangan penjual untuk cenderung berubah bentuk  menjadi buyer  market, dimana kekuatan pasar berada di tangan pembeli  menjadikan orientasi usaha pun berubah dari bidang industri ke bidang pemasaran  atau market  oriented. Hal tersebut menyebabkan munculnya tuntutan bagi  perusahaan untuk bisa memiliki peran aktif dalam pasar atau konsumen.
Sedangkan tuntutan itu sendiri kemudian berakibat pada perluasan fokus  perusahaan yang semula hanya menentukan strategi bagaimana produk itu bisa  terjual dan mendapat laba menjadi lebih luas, yaitu bagaimana produk mereka  dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumennya. Oleh karena itu  perusahaan harus dapat menentukan value yang tepat.

Kepuasan konsumen dianggap penting karena hasil penjualan perusahaan  bersumber dari dua kelompok dasar, yaitu pelanggan baru dan pelanggan yang  membeli ulang. Biaya untuk membeli pelanggan baru lebih besar ketimbang  mempertahankan pelanggan yang ada. Oleh karena itu perusahaan berusaha agar  dapat mempertahankan pelanggan yang ada dengan jalan membuatnya agar selalu  merasa senang. Pelanggan yang puas akan membeli produk kembali, kemudian  menceritakan produk itu kepada orang lain. Fenomena-fenomena diatas adalah  sebagai suatu bentuk sikap yang memang benar-benar terjadi di dunia  perdagangan khsnya di dunia retail.
1   .
 Banyak upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk  mempertahankan pelanggan yang ada, baik dengan cara promosi dan juga dengan  program-program penawaran harga khs baik berupa  discount maupun  potongan harga berupa voucher dan lain sebagainya. Loyalitas pelanggan sangat  menentukan maju tidaknya suatu perusahaan dimasa yang akan datang. Suatu  perusahaan akan tetap bertahan apabila memiliki tingkat loyalitas pelanggan yang  tinggi. Kutipan menyatakan banyak faktor atau variabel yang mempengaruhi  tingkat loyalitas pelanggan, diantaranya tingginya nilai ekuitas merek pada  produk, kualitas pelayanan yang baik, keputusan pembelian yang tinggi, dan  atribut produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.
Situasi persaingan bisnis yang seperti ini, menuntut perusahaan untuk  dapat bersaing secara kompetitif (competitive rivalry) dalam menciptakan dan  mempertahankan pelanggan-pelanggan yang loyal. Salah satu strategi yang  diterapkan oleh perusahaan adalah strategi tentang brand. Berkaitan dengan kata  brand, apabila perusahaan ingin agar dapat menjadi perusahaan kelas dunia dan  tetap eksis dalam persaingan bisnisnya, maka mereka perlu melakukan  pengelolaan yang baik dan terus menerus terhadap asset intangible, salah satunya  adalah brand equity yang akan menjadi dasar penentuan kekuatan dan kelemahan  produk yang menjadi tolak ukur suatu tingkat loyalitas terhadap pelanggan.
Banyaknya pesaing produk sejenis,  membuat bisnis menjadi sangat  kompetitif dan dapat memberikan banyak pilihan kepada pelanggan sehingga  banyak pelanggan yang beralih dari merek satu ke  merek yang lain dan  perusahaan berlomba-lomba untuk dapat menjadi yang terbaik, dilihat dari  banyaknya strategi yang digunakan salah satunya adalah pengelolaan merek yaitu   .
 dengan mengelola brand equity secara terus menerus. Masih rendahnya tingkat  kepuasan pelanggan terhadap produk celana Jeans Wrangler ditinjau dari hasil  wawancara terhadap tenaga penjual yang menyatakan banyaknya komplain yang  datang dari pelanggan terhadap produk tersebut. Atribut produk yang diterapkan  oleh perusahaan belum dapat menunjukkan daya saing terhadap produk sejenis  dilihat dari banyaknya stock barang yang menumpuk.
Tabel 1.
Data Penjualan Celana Jeans Wrangler dari Tahun 2007 – 2008  Bulan  Keterangan  2007   Input  Penjualan  Stock  Input  Penjualan  Stock Sisa Stock Des '06  -  -  800 pcs  -  -  1000 pcs Jan     2500 pcs  2332 pcs  968 pcs  10000 pcs  9980 pcs  1020 pcs Feb    2000 pcs  2445 pcs  523 pcs  8500 pcs  9010 pcs  510 pcs Mar     2150 pcs  2220 pcs  453 pcs  9000 pcs  8113 pcs   1397pcs Apr     3550 pcs  3515 pcs  488 pcs  9555 pcs  9986 pcs  1066 pcs Mei     4535 pcs  4432 pcs  591 pcs  10000 pcs  10122 pcs  944 pcs Jun    4885 pcs  4892 pcs  584 pcs  10050 pcs  10255 pcs  739 pcs Jul     5300 pcs  5202 pcs  682 pcs  10250 pcs  10205 pcs  784 pcs Agt     5735 pcs  5802 pcs  615 pcs  11500 pcs  11900 pcs  384 pcs Sept     6005 pcs  6102 pcs  518 pcs  12000 pcs  11800 pcs   584pcs Okt     7005 pcs  7304 pcs  219 pcs  13500 pcs  13455 pcs  629 pcs Nov     8205 pcs  7524 pcs   900 pcs  14550 pcs  14632 pcs  547 pcs Des     8500 pcs  8400 pcs  1000 pcs  15000 pcs  14901 pcs  646 pcs Sisa Stock        1000 pcs        646 pcs Sumber : PT.Delami Garment Industries Cab.
Dari Tabel 1.1 di atas dapat dilihat bahwa stock barang menumpuk berarti  penjualan yang dilakukan belum maksimal.
Gejala-gejala masalah yang juga teridentifikasi yang terdapat dalam  rendahnya nilai ekuitas merek pada produk celana  Jeans  Wrangler  yang  merupakan variabel bebas dalam penelitian yaitu: 1. Produk yang ditawarkan tidak dapat bertahan lama artinya limit waktu antara  harga jual setelah di produksi ke harga yang Mark Down (MD) atau turun  harga hanya mampu bertahan selama 6 bulan bahkan ada yang 3 bulan.
 .
 2. Banyaknya item produk yang turun harga dan menjadi harga special (special price).
3. Program promosi harga sering sekali ditawarkan oleh perusahaan seperti beli  satu gratis satu, discount50%, voucher belanja Rp.50.000 s/d Rp.100.000 dan  lain sebagainya.
Berdasarkan identifikasi masalah di atas terlihat bahwa kekuatan dan  kelemahan suatu produk dipengaruhi oleh empat hal yaitu ekuitas merek,  kepuasan pelanggan, keputusan pembelian, dan atribut produk. Namun peneliti  tidak bermaksud mengkaji semua masalah yang mempengaruhi tingkat loyalitas  pelanggan terhadap suatu produk, tetapi hanya sebatas ruang lingkup nilai ekuitas  merek (brand equity) dan loyalitas konsumen.
Berdasarkan pertimbangan dan teori-teori yang mendukung yang  menjelaskan bahwa betapa pentingnya pengelolaan merek bagi perusahaan maka  peneliti mengambil sebuah topik penelitian yaitu: “ Analisis Pengaruh Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Celana Jeans Wrangler pada PT. Delami Garment Industries Cabang  ”.
B.  Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah penelitian yang telah diuraikan  sebelumnya maka yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah:  “Apakah ekuitas merek (brand equity) pada produk celana Jeans Wrangler berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada PT. Delami Garment Industries Cabang ? ” .


Skripsi Manajemen:Analisis Pengaruh Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Celana Jeans Wrangler
Download lengkap Versi PDF >>>>>>>KLIK DISINI

Bab I
Download 
 Bab II
 Download 
 Bab III - V
 Download 
Daftar Pustaka
 Download 
Lampiran
Download