Skripsi agribusiness:Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Olahan Durian


 BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang  Buah merupakan komoditi pertanian yang mudah rusak, tidak dapat disimpan lama  karena cepat bk dan mudah diserang hama atau penyakit. Demikian pula halnya dengan buah  durian akan cepat rusak bila tidak ditangani dengan baik. Mulai dari panen sampai tiba di tangan  konsumen (Sudjarwanto, 1993).
Durian (Durio zibethinus) merupakan salah satu tanaman tropis yang menghasilkan buah  yang lezat sehingga banyak digemari. Pada saat musim berbuah durian banyak dipasarkan dalam  keadaan segar dengan tingkat harga yang bervariasi. Pada umumya buah durian dikonsumsi  dalam keadaan segar dan hanya sedikit yang diolah jadi produk olahan. Bagi para petani salah  satu masalah yang dihadapi adalah tingginya perbedaan harga jual di tingkat petani dengan harga  jual pengecer.  Selain itu, teknologi pengolahan buah durian sangat terbatas sehingga petani  terpaksa menjual dalam keadaan segar dengan harga yang ditentukan oleh pedagang pengumpul.

Salah satu usaha yang perlu dilakukan petani adalah menguasai beberapa teknologi pengolahan  buah durian sehingga tercipta beberapa alternatif penjualan, selain itu juga harus dikuasai  beberapa teknologi pengawetan buah durian sehinga buah durian dapat disimpan dalam waktu  yang relatif lama  (Anonimous a , 2011).
Durian (Durio zibethinus) salah satu buah-buahan yang banyak diminati oleh masyarakat,  khsnya masyarakat Sumatera Utara. Durian (Durio zibethinus) merupakan tanaman buahbuahan yang termasuk kedalam kategori komoditas unggulan di Sumatera Utara pada tahun  2010. Berdasarkan data  Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010 produksi durian di  Sumatera Utara sebesar 66.487,8 ton dangan jumlah tanaman menghasilkan sebanyak 340.130   pohon. Daerah yang menjadi sentra tanaman durian di Sumatera Utara yaitu, Kabupaten  Tapanuli Tengah dengan persentase produksi sebesar 41,27% kemudian diikuti Kabupaten  Serdang Berdagai dengan persentase produksi sebesar 13,54%, Kabupaten Deli Serdang dengan  persentase produksi sebesar 6,99%, Kabupaten Tapanuli Selatan dengan persentase produksi  sebesar 6,13%, Kabupaten Tapanuli Utara dengan persentase produksi sebesar 5,16%, sedangkan  kabupaten/kota lainnya memiliki persentase produksi sebesar 26,91% terhadap total produksi  durian (Durio zibethinus) di Sumatera Utara.
Peluang bisnis durian sangat bagus. Bahkan Indonesia memiliki varietas yang beragam  dan berbuah sepanjang tahun. Dengan penanganan yang profesional dan dibantu oleh  kemudahan-kemudahan dari pemerintah, durian Indonesia mampu menguasai pasar dunia.
Durian lokal memiliki keunggulan rasa yang khas. Meskipun banyak masuk durian impor seperti  dari Thailand, durian lokal tetap memiliki penggemar tersendiri. Dengan pemilihan bibit yang  unggul serta teknik pemeliharaan yang baik menjadikan durian lokal mampu bersaing dengan  durian mancanegara lainnya, sehingga sudah sepatutnya budidaya durian ini  dijadikanpeluang bisnis yang berprospek bagus (Anonimous b , 2011).
Durian (Durio zibethinus) buah yang tampilan luarnya tampak garang dan penuh duri ini  memiliki daging buah yang sangat lembut. Aroma dan rasanya yang khas membuat durian begitu  digemari meskipun tidak sedikit juga yang segera menutup hidung ketika mencium baunya.
Buah yang dinobatkan sebagai The King Of Fruit ini tidak hanya lezat jika dimakan langsung,  tapi juga nikmat diolah menjadi jus, es krim, dan berbagai hidangan penutup. Salah satu produk  olahan durian yang populer adalah pancakedurian (Anonimous c , 2011).
Pancakedurian terbuat dari sejenis kulit lumpia tipis yang berisi daging buah durian yang  sudah dihaluskan. Ada juga yang menyisipkan whipped cream ke dalam isi pancake. Bentuknya   mirip bantal dengan ukuran bermacam-macam, ada yang berukuran mungil untuk sekali gigit  dan ada juga yang berukuran sedikit lebih besar (Anonimous c , 2011).
Sekarang sudah banyak produsen-produsen produk olahan durian terutama pancake durian. Untuk daerah Kota Medan berikut beberapa produsen produk olahan durian (pancake durian) :  Durian House, Mei Cin Pancake, Restoran Nelayan,  Tiramisu House  dan Rema  Pancake.
Dengan banyaknya produsen produk olahan durian (pancake durian) tersebut sudah pasti  setiap produsen atau pelaku usaha ingin menjadi yang terbaik. Salah satu kunci keberhasilan  pelaku usaha adalah memahami dengan jelas kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan  mengetahui hal itu maka pelaku usaha dapat menetapkan, menjalankan, serta mengendalikan  strategi pemasaran dengan tepat (Nitisusastro, 2012).
Untuk mengetahui dan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, maka  pelaku usaha harus senantiasa melakukan monitoring terhadap perkembangan lingkungan pasar  yang senantiasa berubah setiap saat sejalan dengan perubahan tuntutan kebutuhan dan keinginan  konsumen. Oleh karena itu, maka pelaku usaha perlu mempelajari dengan cermat tentang  konsumen dan segala perilakunya (Nitisusastro, 2012).
Dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, ternyata teori Maslow (1843) masih sangat  relevan dengan perilaku konsumen tentang kebutuhan dan keinginannya terhadap barang dan  jasa, ternyata konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor individu dan faktor  lingkungannya. Bagi para pelaku usaha mengetahui dan memahami kedua faktor yang dimaksud  akan sangat membantu dalam rencana menempatkan produk yang akan ditawarkan di arena  pasar. Khsnya dalam merencanakan dan menetapkan strategi pemasaran (Nitisusastro, 2012).
 Konsumen dalam menentukan pilihannya terhadap produk-produk tertentu tergambar dari  sikapnya terhadap produk itu sendiri. Sikap merupakan komponen penting dalam perilaku  pembelian. Sikap merupakan hasil evaluasi yang mencerminkan rasa suka atau tidak suka  terhadap produk, sehingga pemasar dapat menduga potensi pembeli dan menyn strategi  penjualan yang lebih efektif (Rangkuti, 2003).
Sikap konsumen terhadap suatu produk berarti mempelajari kecenderungan konsumen  untuk mengevaluasi produk baik disenangi ataupun tidak disenangi secara konsisten. Dengan  demikian konsumen mengevaluasi produk tersebut secara keseluruhan dari yang paling buruk sampai yang paling baik (Rangkuti, 2003).
Obyek dalam penelitian ini adalah pancake durian produksi dari Mei Cin Pancake  Medan. Mei Cin Pancake Medan merupakan produsen pancake durian skala industri rumah  tangga (home industry) terbesar dan ternama di Kota Medan. Dimana  Kota  Medan  sendiri  merupakan ikon dalam produksi buah durian yang terkenal dengan kekhasan rasanya. Banyak  jenis durian di Indonesia yang mempunyai cita rasa khas masing-masing. Di antaranya adalah  durian Medan. Durian ini terkenal harum, sangat manis dengan paduan rasa alkohol plus  teksturnya yang lembut. Medan sangat terkenal dengan duriannya yang besar-besar dan manis.


Skripsi agribusiness:Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Olahan Durian
Download lengkap Versi PDF >>>>>>>KLIK DISINI

Bab I
Download 
 Bab II
 Download 
 Bab III - V
 Download 
Daftar Pustaka
 Download 
Lampiran
Download