BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Perusahaan
merupakan suatu bentuk organisasi formal dan merupakan wadah dimana sistem kerja sama dilakukan dalam
melaksanakan berbagai aktifitas sebagai
upaya untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Banyak faktor yang mempengaruhi
upaya untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan.
Faktor – faktor tersebut adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Pada setiap perusahaan, baik
pemerintah maupun swasta, dalam rangka mencapai
tujuan secara berhasil guna dan berdaya guna memerlukan adanya pembagian kerja, pelimpahan wewenang, sampai
kepada rincian tugas masingmasing pihak yang terlibat dalam perusahaan
tersebut. Guna mencapai hal tersebut, diperlukan
seorang pimpinan yang dapat memimpin kelompok orang-orang yang tergabung dalam organisasi agar kegiatan dalam
bekerja sama tujuan dapat terarah dan
jelas.
Peranan manajemen perkantoran
sangat dibutuhkan oleh semua bentuk organisasi
baik perusahaan, instansi pemerintah ataupun badan usaha lainnya. Dalam manajemen perkantoran, semua pelaksanaan
kegiatan kantor tidak terlepas dari penerapan
fungsi-fungsi manajemen. Tanpa adanya penerapan manajemen perkantoran yang baik, maka tidak mungkin
usaha yang dijalankan oleh badan usaha tersebut
dapat mengalami perkembangan kearah lebih maju lagi.
Oleh karena itu, semakin
berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut manusia untuk bertindak semakin lebih
cepat dan tepat dengan memperhatikan
efisiensi di segala bidang, sebab perkembangan teknologi akan menuntut suatu organisasi harus bekerja secara
operasional.
Sulit sekali bagi suatu
perusahaan untuk mencapai sukses tanpa pelaksanaan
manajemen perkantoran secara efektif. Manajemen perkantoran sangat penting untuk menunjukkan cara kearah
pelaksanaan pekerjaan yang lebih baik.
Mengurangi hambata – hambatan dan
memungkinkan suatu perusahaan mencapai tujuan
yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Manajemen perkantoran adalah
proses penyelenggaraan yang dapat melancarkan
pelaksanaan tugas pimpinan dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah sejalan dengan meningkatnya
kebutuhan setiap pimpinan akan data – data yang lengkap dan cepat dalam proses
pengambilan keputusan yang dibutuhkan. Dan manajemen perkantoran merupakan urat nadi dari
segala kegiatan di setiap organisasi yang
memiliki peranan yang cukup besar dalam mendukung maju mundurnya suatu perusahaan atau instansi pemerintah.
Pekerjaan kantor berarti
mengumpulkan, mencatat, mengolah, menggandakan,
mengirim dan menyimpan keterangan. Pada kenyataannya, pelaksanaan kegiatan dapat diadakan dengan
menggunakan mesin, alat hitung, atau cara
lain yang dikerjakan dengan manual, dengan maksud dan tujuan yang tetap sama yaitu membuat atau menyediakan informasi yang
berguna untuk semua pihak, kegitan ini
juga merupakan hakekat pekerjaan kantor ( Menurut J.C Denyer dalam bukunya “Office Administration” 1974:3).
Luas sempitnya pekerjaan kantor,
berfungsi memberi fasilitas kepada pelaksanaan
tugas pokok suatu instansi atau perusahaan, melayani, dan memudahkan koordinasi terhadap kegiatan – kegiatan pokok.
Pekerjaan kantor itu mempunyai peranan
kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan, karena fungsinya sebagai pusat ingatan, pusat
kegiatan, dan sumber dokumen. Dalam menyelenggarakan
kegiatan, perlu adanya pencatatan yang cermat, pengelolaan arsip secara tertib, guna penilaian suatu penyusunan
program perkembangan organisasi lebih
lanjut.
Berdasarkan uraian tersebut, maka
penulis merasa tertarik untuk memilih judul
untuk skripsi minor ini yaitu :
PELAKSANAAN MANAJEMEN PERKANTORAN
PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SUMATERA
UTARA.
B. Perumusan Masalah Mengingat
bahwa peranan manajemen perkantoran adalah suatu peranan yang luas dan dibutuhkan dalam mencapai tujuan
perusahaan agar dapat mengalami perkembangan
kearah yang lebih maju, maka penulis akan membatasi pokok yang akan dibahas agar tidak terjadi penyimpangan.
Adapun masalah yang akan dibahas penulis
adalah “ Bagaimana Pelaksanaan Manajemen
Perkantoran pada Fakultas Ekonomi ”.
C. Tujuan Penelitian Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen perkantoran pada Fakultas Ekonomi dalam usaha
mencapai tujuan perusahaan.
D. Manfaat Penelitian Manfaat
dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.
Bagi perusahaan a. Dapat menjadi
bahan pertimbangan dalam mengambil kebijaksanaan yang lebih baik di masa yang akan datang.
b. Dapat menjadi bahan koreksi dalam rangka
perbaikan apabila terdapat kelemahan-kelemahan
dalam menjalankan kegiatan pelaksanaan manajemen perkantoran
di suatu perusahaan.
2. Bagi penulis a. Untuk dapat melihat peranan dari pelaksanaan
manajemen perkantoran dalam suatu
perusahaan.
b. Dapat
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tentang
manajemen perkantoran yang ada di
perusahaan dan merupakan alat/bahan untuk membandingkannya dengan teori-teori yang telah
dipelajari semasa kuliah 3. Bagi pihak
lain a. Diharapkan penelitian ini dapat
menjadi ilmu pengetahuan, menambah informasi
dan wawasan bagi para pembaca.
b. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan
pembanding bagi pembaca yang akan
melakukan penelitian mengenai manajemen perkantoran di masa yang akan datang.
Download lengkap Versi PDF
