BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Karyawan dan perusahaan merupakan 2 (dua) hal
yang tidak dapat dipisahkan, karyawan
memegang peranan penting dalam menjalankan kegiatan perusahaan dan setiap perusahaan berusaha
meningkatkan serta mengembangkan perusahaan
tersebut dengan program peningkatan kinerja para karyawan. Untuk memperoleh kemajuan dan mencapai tujuan yang
telah ditetapkan maka perusahaan perlu
menggerakkan serta memantau karyawannya agar dapat mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki Peran
sumber daya manusia sangat penting dalam suatu perusahaan, baik perusahaan swasta maupun perusahaan
pemerintah. Sumber daya manusia yang dimaksud
adalah orang – orang yang memberikan tenaga, pikiran, bakat, kreativitas dan usahanya didalam menjalankan kegiatan
perusahaan. Oleh karena itu setiap
perusahaan selalu berupaya untuk mendapatkan karyawan yang memiliki kinerja serta prestasi yang baik
didalam menjalankan kegiatan perusahaan.
Menurut Hasibuan (2005:95), prestasi kerja
adalah suatu hasil kerja yang dicapai
seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didadasarkan atas kecakapan, pengalaman,
dan kesanggupan serta waktu.
Prestasi kerja dapat menunjukkan seberapa
besar kontribusi karyawan pada perusahaan
dalam mencapai standar kerja yang telah ditetapkan. Standar kerja Universitas Sumatera Utara perlu dijadikan
sebagai tolak ukur dalam mengadakan perbandingan antara apa yang telah dilakukan dengan apa yang
diharapkan. Untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut maka karyawan dituntut
untuk mampu mengendalikan diri dalam
menghadapi timbulnya ketegangan yang terjadi dalam menjalankan setiap pekerjaan atau kegiatan di perusahaan
tersebut. Karena apabila karyawan tidak dapat
mengatasi hal tersebut maka dapat berdampak terhadap penurunan semangat kerja.
Semangat kerja adalah kondisi dari sebuah
kelompok dimana ada tujuan yang jelas
dan tetap yang dirasakan menjadi penting dan terpadu dengan tujuan individu (Panggabean,2002:21).
Disiplin adalah kesadaran dan kesediaan
seseorang menaati semua peraturan
perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku. Adapun arti kesadaran adalah sikap seseorang yang secara
sukarela menaati semua peraturan dan
sadar akan tugas dan tanggung jawabnya. Sedangkan arti kesediaan adalah suatu sikap, tingkah laku, dan perbuatan
seseorang yang sesuai dengan peraturan perusahaan
baik yang tertulis maupun tidak (Hasibuan,2005:193).
Disiplin terutama ditinjau dari perspektif
organisasi, dapat dirumuskan sebagai
ketaatan setiap anggota organisasi terhadap semua aturan yang berlaku di dalam organisasi tersebut, yang terwujud
melalui sikap, perilaku dan perbuatan yang
baik sehingga tercipta keteraturan, keharmonisan, tidak ada perselisihan, serta keadaan-keadaan baik lainya.
Kedisiplinan adalah kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuanya. Dengan
disiplin yang baik berarti karyawan Universitas
Sumatera Utara sadar dan bersedia mengerjakan semua tugasnya dengan efektif dan
efisien sehingga para karyawan dapat
mencapai prestasi kerja yang tinggi.
Perum Pegadaian merupakan suatu badan usaha
yang bergerak dalam bidang keuangan yang
memberikan pelayanan jasa berupa pinjaman uang yang memiliki jaminan serta bunga yang rendah.
Semangat kerja karyawan yang ada pada
Perum Pegadaian dicerminkan dari hubungan yang harmonis antara rekan kerja dan
pimpinan, kecakapan dalam menangani nasabah, loyalitas karyawan terhadap perusahaan dan menjalin kerjasama
yang baik dengan rekan kerja.
Sedangkan disiplin kerja karyawan pada Perum
Pegadaian dapat dilihat dari kehadiran,
ketepatan jam kerja, penggunaan seragam berpakaian dan ketaatan terhadap peraturan yang berlaku. Tabel 1.1
merupakan data absensi karyawan pegadaian
kanwil I medan dari bulan Januari – Desember 2010.
Berdasarkan latar belakang
tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul “Pengaruh Semangat Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan Perum
Pegadaian Kanwil I Medan”.
1.2
Perumusan Masalah Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah
semangat kerja dan disiplin kerja
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan Perum Pegadaian Kanwil I Medan?
Universitas Sumatera Utara 1.3 Tujuan
Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh semangat kerja dan
disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan
pada Perum Pegadaian Kanwil I Medan.
1.4
Manfaat Penelitian a. Bagi
Perusahaan Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukkan kepada Perum
Pegadaian untuk mengambil langkah –
langkah yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi kerja melalui semangat kerja dan
disiplin kerja yang berguna bagi karyawan
Perum Pegadaian Kanwil I Medan.
b. Bagi
Peneliti Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk
menerapkan teori – teori yang penulis
dapatkan dari bangku perkuliahan, memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan di bidang
manajemen Sumber Daya Manusia khususnya
yang menyangkut semangat kerja, disiplin kerja dan prestasi kerja karyawan.
c. Bagi
Pihak Lain Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan referensi dalam melakukan
penelitian di masa yang akan datang,
khususnya penelitian yang berkaitan dengan semangat kerja, disiplin kerja dan prestasi
kerja karyawan.
Download lengkap Versi PDF