Skripsi Manajemen:Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelanggan Melakukan Pembelian pada Sun Supermart


BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang   Toko berbentuk supermarket, pada awalnya lahir dari kegiatan yang amat sederhana,  yaitu adanya keinginan mendapatkan barang kebutuhan yang dilakukan dengan cara barter,  yakni menukar barang dengan barang lainnya. Kemudian karena kebutuhan hidup orang  tidak sama, maka untuk mempermudah pertukaran, muncul alat pembayaran yang kini  dikenal dengan uang. Dengan adanya uang, seseorang yang membutuhkan barang tertentu  dapat memperolehnya dengan bebas. Untuk itu diperlukan tempat aktivitas jual beli yang  kemudian dinamakan dengan pasar. Seorang penjual (pedagang) membuka gerai sebagai  sarana untuk menjual barang dagangannya yang kemudian dinamakan toko. Gerai atau  toko akhirnya tidak saja terletak di pasar, tetapi di tempat strategis seperti jalan raya,  perkotaan, perkampungan ataupun di perumahan elit.
 Menurut Triyono (2006 : 97) Supermarketmerupakan lokasi jual beli (tempat  belanja) para konsumen yang menyediakanbarang lengkap dengan konsep melayani  sendiri. Disebabkan karena adanya kebutuhan meningkat seiring permintaan yang  beragam, baik mengenai kenyamanan, kelengkapan barang dan harga yang bersaing,  maupun kemudahan lain, toko atau gerai ini berkembang menjadi sebuah toko yang lebih  modern yang dinamakan Supermarketyang merupakan bagian dari bisnis ritel.

 Bisnis Ritel dapat terus tumbuh sebagai akibat dari perkembangan berbagai bidang.
Menurut Ma’ruf (2006 ; 7), bisnis Riteladalah kegiatan usaha menjual barang dan jasa  kepada perorangan untuk keperluan sendiri, keluarga, atau rumah tangga. Bisnis ritel yang  tumbuh secara nasional tidak saja menguntungkan peritel besar atau produsen barang ritel  melainkan juga para peritel kecil yang melayani masyarakat setempat. Faktor utama yang  mempengaruhi pertumbuhan bisnis ritel adalah perkembangan demografi. Jumlah  1  Universitas Sumatera Utara 2  penduduk yang bertambah menyebabkan semua jumlah barang dan jasa meningkat.
Komposisi penduduk menurut usia berubah,misalnya karena harapan hidup yang  meningkat. Kemudian faktor ekonomi secara umum, dan sektor-sektor ekonomi secara  khusus mampunyai dampak langsung terhadap pertumbuhan bisnis ritel. Di bidang lain  kemajuan teknologi dan globalisasi juga merupakan faktor utama terciptanya permintaan  atau meningkatnya permintaan barang dan jasa ritel.
 Partisipasi masyarakat dalam perdagangan atau ritel merupakan salah satu faktor  penting bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sektor  industri dapat menjual barang dengan lancarmelalui ritel, sebaliknya masyarakat  memperoleh akses yang mudah untuk memenuhi kebutuhan hidup.
 Peritel sebagai pihak yang menawarkanberbagai produk kepada konsumen harus  dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian,  mengetahui persepsi konsumen dalam menilai sesuatu yang berpengaruh dalam pembelian,  dengan demikian pemasar dapat merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan  keinginan konsumen. Menurut Ma’ruf (2006 : 113), bahwa bauran pemasaran (marketing  mix)di dalam perkembangan ritel saat ini, terdiri dari lokasi, produk, harga, atmosfer dalam  gerai, pelayanan, dan periklanan/promosi. Dalam hal ini timbul pebisnis ritel dengan  persaingan yang ketat dalam merebut para pelanggan.
 Tingginya tingkat persaingan bisnis ritel saat ini di kota Medan, menyebabkan  banyak timbul para pebisnis ritel dalam berbagai bidang. Sun Supermart merupakan salah  satu swalayan yang berada di kota Medan, dimana disekitar lokasi supermarket tersebut  terdapat tingkat persaingan bisnis ritel yang tinggi. Tingginya tingkat persaingan tersebut  menyebabkan Sun Supermart selalu berusaha untuk mengerti dan memahami kebutuhan  maupun keinginan konsumen. Hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku konsumen, dan  ini dapat terbukti dari jumlah pengunjung yang selalu ramai berbelanja di swalayan  tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, \maka penulis tertarik untuk melakukan  Universitas Sumatera Utara 3  penelitian dengan judul: “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan  Melakukan Pembelian pada Sun Supermart Medan”.
B. Perumusan Masalah   Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka perumusan masalah  dalam penelitian ini adalah, apakah faktor lokasi, produk, harga, atmosfer dalam gerai,  pelayanan serta promosi dan periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan pembelian pelanggan pada Sun Supermart Medan?  C.  Kerangka Konseptual dan Hipotesis  1.  Kerangka Konseptual   Keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan sosial, pribadi,  dan psikologis dari pembeli, sebagian besar tidak dapat dikendalikan oleh pemasar, dan  harus benar-benar diperhitungkan (Setiadi, 2003 : 11). Sedangkan peritel adalah  pengusaha yang menjual barang atau jasa secara eceran kepada masyarakat sebagai  konsumen (Ma’ruf, 2005 : 71). Para peritel ini menggabungkan unsur-unsur bauran  eceran untuk menarik pasar sasaran dan dapat memenuhi harapan-harapan para  pelanggan, sehingga akan menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Bauran pemasaran  ritel tersebut terdiri dari:  a.  Lokasi  Merupakan tempat dimana biasanyakonsumen membeli produk tersebut  b.  Produk  Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan  keinginan untuk kebutuhan para konsumen  Universitas Sumatera Utara 4  c. Harga  merupakan nilai produk yang dipertukarkan konsumen untuk memuaskan suatu  kebutuhan dan keinginan.
d.  Atmosfer dalam Gerai  merupakan suasana yang tercipta dari gabungan unsur-unsur desain toko,  perencanaan toko, komunikasi visual dan produk-produknya.
e.  Pelayanan  merupakan tindakan atau perbuatan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan  f.  Periklanan dan promosi   periklanan bertujuan memberi informasi, membujuk dan mengingatkan, dan  sedangkan promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan  atau dalam rangka mempertahankan minat pelanggan untuk tetap berbelanja  padanya  Sumber : Ma’ruf (2005 : 113)  Gambar 1.1 : Kerangka Konseptual  Variabel Lokasi (X1)  Variabel Produk (X2)  Variabel Harga (X3)  Variabel Atmosfer dalam gerai (X4)  Variabel Pelayanan (X5)  Keputusan Pembelian (Y)  Variabel Periklanan dan Promosi  (X6)  Universitas Sumatera Utara 5  2.  Hipotesis  Berdasarkan  latar  belakang masalah dan kerangka konseptual yang telah  dikemukakan, maka hipotesis dari penelitian ini adalah: faktor lokasi, produk, harga,  atmosfer dalam gerai, pelayanan, dan periklanan/promosi berpengaruh positif dan  signifikan terhadap keputusan membeli pada Sun Supermart Medan.
D. Tujuan dan Manfaat Penelitian  1.  Tujuan Penelitian  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui dan menganalisis  seberapa besar pengaruh lokasi, produk, harga,atmosfer dalam gerai, pelayanan, dan  periklanan/promosi terhadap keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian pada  Sun Supermart Medan.
2. Manfaat Penelitian  a.  Bagi Penulis  Untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berfikir ilmiah, dan menerapkan  teori-teori atau literatur yang diperoleh dari bangku kuliah serta menambah  pengetahuan dan wawasan penulis.


Download lengkap Versi PDF