BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah Di
zaman yang serba canggih serta perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mengakibatkan penyebaran
informasi di berbagai berita yang menghimpun
peristiwa-peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia menjadi begitu pesat. Penyebaran informasi yang
demikian pesat diwadahi oleh mediamedia informasi dan komunikasi, baik secara
cetak maupun elektronik yang mampu
memberikan informasi tersebut secara langsung. Informasi yang diperoleh dengan cepat sudah tentu mempunyai nilai yang
tinggi pula, sebaliknya yang terlambat
diperoleh mempunyai nilai yang rendah bahkan tidak ada nilainya.
Penyebaran informasi ini tidak luput dari
perhatian dunia bisnis karena saat ini tidak
ada suatu pengambilan keputusan yang tidak memerlukan informasi yang cepat dan tepat. Siapa yang menguasai
informasi pada era globalisasi sekarang dapat
digolongkan sebagai raja, karena era sekarang tidak ada lagi manusia yang hidup tanpa informasi. Hal ini yang
menyebabkan informasi itu semakin penting dan mahal. Perusahaan membutuhkan informasi
itu sebagai sumber daya vital bagi
kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri.
Fungsi-fungsi manajemen disuatu perusahaan baik
yang tergolong besar maupun kecil
memerlukan adanya informasi dalam setiap kegiatan. Informasi yang di butuhkan manajemen adalah sistem
informasi akuntansi. Karena sistem informasi
akuntansi dapat memberikan informasi yang berhubungan dengan laporan keuangan. Laporan keuangan dapat
digunakan untuk mengukur berbagai kegiatan
perusahaan, sejak data direkam dalam dokumen melalui berbagai sistem pembagian kekuasaan dalam organisasi
perusahaan, data perusahaan diproses dalam
berbagai catatan akuntansi sampai dengan informasi disajikan dalam laporan keuangan. Perencanaan sistem
pengelolaan informasi untuk menghasilkan informasi akuntansi dan perencanaan berbagai
unsur pengendalian intern yang melekat
dalam sistem pengelolaan informasi tersebut.
Kerjasama yang baik antara pihak
berkepentingan diperlukan untuk mendapatkan
informasi yang akurat. Informasi tersebut menjadi tolak ukur bagi manajemen untuk mengetahui secara pasti
keadaan perusahaan. Dapat mengetahui
sejauh mana target yang telah dicapai oleh perusahaan, diharapkan dapat mengarahkan dan memperlancar kegiatan
perusahaan dalam membentuk pihak
manajemen untuk mengambil keputusan, sehingga
perencanaanperencanaan perusahaan di masa mendatang lebih mudah disusun.
Terlebih pada saat
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh berbagai perusahaan semakin komplek dalam mengelola dan menjalankan
perusahaan. Berarti berhasil tidaknya suatu
perencanaan ada kaitannya dengan keakuratan informasi yang diterima.
Suatu agar dapat bertahan dan berkembang
memerlukan sistem informasi akuntasi
digunakan oleh manajemen atau pimpinan organisasi sebagai suatu cara untuk memperoleh informasi yang relevan, dapat
dipercaya kebenarannya dan tepat waktu
sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk menghadapi masalah yang timbul agar
tidak terjadi kesalahan dalam proses pengambilan
keputusan.
Berdasarkan
keterangan dan uraian di atas, maka penulis mencoba membahas lebih dalam peranan sistem informasi
akuntansi yang dibutuhkan oleh manajemen
dalam pengambilan keputusan, yang selanjutnya menyusun tugas akhir yang berjudul “Manfaat Sistem Informasi
Akuntansi Sebagai Alat Bantu Manajemen
Dalam Pengambilan Keputusan pada Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Medan.” B. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang
masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka yang menjadi rumusan masalah dalam
penyusunan tugas akhir ini adalah “Apakah
Sistem Informasi Akuntansi yang diterapkan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Medan
mampu membantu pihak manajemen dalam
pengambilan keputusan yang efektif dan efisien?” C. Tujuan Penelitian Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
Sistem Informasi Akuntansi yang
diterapkan pada Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Medan dapat membantu pihak
manajemen dalam pengambilan keputusan
yang efektif dan efisien sesuai dengan sistem informasi yang berlaku umum.
D.
Manfaat Penelitian a. Bagi penulis, Dapat
menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan secara teoritis dan praktik mengenai Peranan Sistem Informasi
Akuntansi bagi Manajemen dalam penerapannya diperusahaan.
b. Bagi
Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Medan Sebagai bahan masukan
dan pertimbangan dalam mengambil langkah selanjutnya mengenai peranan sistem informasi
akuntansi.
c. Bagi
Peneliti Selanjutnya, Sebagai bahan masukan dan pembanding untuk menyempurnakan
penelitian-penelitian sejenis berikutnya.
E.
Rencana Penulisan 1.Jadwal Observasi/Survey Dalam penulisan laporan
tugas akhir ini penulis membuat jadwal penelitian
dan penulisan yang dibuat dalam bentuk tabel.
Oleh karena itu, laporan penelitian
tugas akhir ini disusun sebagai berikut: Bab I
: PENDAHULUAN Bab ini berisikan latar belakang masalah, perumusan
masalah, tujuan penelitian, manfaat
penelitian, dan rencana penulisan.
Bab II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini penulis
akan membahas tentang sejarah singkat perusahaan,
struktur organisasi, job description, kinerja usaha terkini, dan rencana kegiatan Dinas Koperasi Usaha Mikro
Kecil dan Menengah Kota Medan.
Bab III : TOPIK PENELITIAN Dalam bab ini
penulis mencoba untuk menguraikan hasil penelitian sesuai dengan tema yang dipilih berdasarkan
bidang studi mahasiswa.
Bab IV : PENUTUP Dalam bab terakhir ini,
penulis akan menarik suatu kesimpulan terhadap hasil penelitian dapat memberikan saran yang
membangun kepada Dinas Koperasi Usaha Mikro
Kecil dan Menengah Kota Medan. Diharapkan nantinya dapat bermanfaat bagi pihak-pihak
lain.
Download lengkap Versi PDF