Skripsi Agribusiness: SISTEM PELAYANAN PENGGUNA PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA (UMN)


BAB  PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Penulisan  Perpustakaan merupakan pusat informasi dimana bahan-bahan pustaka dikumpul,  diolah dan kemudian disebarluaskan agar dapat dimanfaatkan  semaksimal mungkin oleh masyarakat penggunanya. Sedangkan menurut SjahrialPamuntjak (2000:5), “Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang  tergabung dalam lingkungan lembaga pendidikan tinggi, baik yang berupa  perpustakaan universitas, perpustakaan fakultas, perpustakaan  akademik,  perpustakaan sekolah tinggi”.
Maka dengan ini peran perpustakaaan perguruan tinggi semakin penting  dalam memberikan jasa layanan pada civitas akademika dalam melaksanakan  program tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengajaran, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat.
Perkembagan suatu perpustakaan dapat dilihat dari kegiatan pelayanannya.
Karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh  satu perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah sala satu tugas penting dalam  penyelenggaraan suatu perpustakaan, dimana pelayanan pengguna tersebut adalah  suatu unit kegiatan yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan  informasi dan pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan mempelajari  informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan.

Perpustakaan harus berusaha memberikan pelayanan kepada pengguna  dengan sebaik-baiknya agar pengguna dapat merasakan manfaat perpustakaan.
Untuk melakukan tugas layanan dengan baik, pihak perpustakaan perlu  mempelajari, memahami dan mengerti akan kebutuhan penggunanya, dimana  dalam memberikan pelayanannya perpustakaan harus menggunakan kepentigan  pengguna perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terlaksana.
Pengguna yang dilayani pada perpustakaan UMN terdiri dari mahasiswa, staf  pengajar, tata usaha dan peneliti.
7  Universitas Muslim Nusantara (UMN) Medan berdiri pada tanggal 8  agustus 1996 bersamaan dengan berdirinya Perpustakaan Universitas Muslim  Nusantara (UMN). Pada awalnya Universitas Muslim Nusantara (UMN)  merupakan salah universitas yang berada pada naungan Universitas Alwashliyah  (UNIVA) yaitu FKIP UNIVA. Kemudian berubah menjadi IKIP Awashliyah,  kemudian pada akhir tahun 1996 sampai sekarang berganti nama menjadi  Universitas Muslim Nusantara (UMN). Kebutuhan informasi yang dibutuhkan  semakin meningkat dan beragam, sejalan dengan semakin pesatnya perkembagan  ilmu pengetauan dan teknologi. Semua kebutuhan civitas akademika hendaknya  dapat dipenuhi oleh perpustakaan.
Perpustakaan Universitas Muslim Nusantara (UMN) melayani seluruh  civitas akademika Universitas Muslim Nusantara (UMN) yaitu mahasiswa,  dosen/staf pengajar, dan pegawai administrasi. Pengguna Perpustakaan  Universitas Muslim Nusantara (UMN) pada tahun 2009 sebanyak 621 orang  pengunjung perpustakaan dengan jumlah koleksinya sebanyak 1428 judul dengan  total jumlah buku bacaan sekitar 3845 eksemplar. Pelayanan pengguna dilakukan  dengan sistem terbuka (open access), yaitu pengguna dapat langsung memilih  bahan pustaka yang diperlukan ke rak buku (bahan pustaka berupa buku dan  majalah).
Dengan banyaknya koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan apabila tidak  dimanfaatkan oleh pengguna berarti perpustakaan itu belum berfungsi sebagai  mana yang diharapkan. Salah satu penyebabnya mungkin terdapat pada prosedur  kerja kegiatan pelayanan yang kurang baik.
Berdasarkan uraian di atas penulis penulis merasa tertarik untuk menulis  kertas karya ini dengan mengambil judul “PELAYANAN PENGGUNA PADA  PERPUSTAKAAN UMN MEDAN “. Sesuai dengan judul tersebut maka  masalah yang dibahas pada penulisan kertas karya ini bagaimana penyelenggaraan  pelayanan pengguna pada perpustakaan UMN Medan.
8  1.2 Tujuan Penulisan   Adapun yang menjadi tujuan penulisan kertas karya ini :  1.  Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan pengguna pada  perpustakaan UMN.
2.  Untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pelayanan pengguna yang telah  dilakukan oleh perpustakaan UMN dalam memenuhi kebutuhan  penggunanya.
3.  Untuk mengetahui jenis pelayanan yang tersedia pada perpustakaan UMN.
4.  Untuk mengetahui keberadaan perpustakaan UMN.


Download lengkap Versi PDF