BAB PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Penulisan Perpustakaan merupakan pusat informasi dimana
bahan-bahan pustaka dikumpul, diolah dan
kemudian disebarluaskan agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat
penggunanya. Sedangkan menurut SjahrialPamuntjak (2000:5), “Perpustakaan
Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang tergabung dalam lingkungan lembaga pendidikan
tinggi, baik yang berupa perpustakaan
universitas, perpustakaan fakultas, perpustakaan akademik, perpustakaan sekolah tinggi”.
Maka dengan ini peran
perpustakaaan perguruan tinggi semakin penting dalam memberikan jasa layanan pada civitas
akademika dalam melaksanakan program
tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Perkembagan suatu perpustakaan
dapat dilihat dari kegiatan pelayanannya.
Karena keberhasilan pelayanan
merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh satu perpustakaan. Pelayanan pengguna adalah
sala satu tugas penting dalam penyelenggaraan
suatu perpustakaan, dimana pelayanan pengguna tersebut adalah suatu unit kegiatan yang mempunyai tugas pokok
memberikan pelayanan informasi dan
pengarahan hingga pengguna dapat menelusuri dan mempelajari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan
kebutuhan.
Perpustakaan harus berusaha
memberikan pelayanan kepada pengguna dengan
sebaik-baiknya agar pengguna dapat merasakan manfaat perpustakaan.
Untuk melakukan tugas layanan
dengan baik, pihak perpustakaan perlu mempelajari,
memahami dan mengerti akan kebutuhan penggunanya, dimana dalam memberikan pelayanannya perpustakaan
harus menggunakan kepentigan pengguna
perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terlaksana.
Pengguna yang dilayani pada
perpustakaan UMN terdiri dari mahasiswa, staf pengajar, tata usaha dan peneliti.
7 Universitas Muslim Nusantara (UMN) Medan
berdiri pada tanggal 8 agustus 1996
bersamaan dengan berdirinya Perpustakaan Universitas Muslim Nusantara (UMN). Pada awalnya Universitas
Muslim Nusantara (UMN) merupakan salah
universitas yang berada pada naungan Universitas Alwashliyah (UNIVA) yaitu FKIP UNIVA. Kemudian berubah
menjadi IKIP Awashliyah, kemudian pada
akhir tahun 1996 sampai sekarang berganti nama menjadi Universitas Muslim Nusantara (UMN). Kebutuhan
informasi yang dibutuhkan semakin
meningkat dan beragam, sejalan dengan semakin pesatnya perkembagan ilmu pengetauan dan teknologi. Semua kebutuhan
civitas akademika hendaknya dapat
dipenuhi oleh perpustakaan.
Perpustakaan Universitas Muslim
Nusantara (UMN) melayani seluruh civitas
akademika Universitas Muslim Nusantara (UMN) yaitu mahasiswa, dosen/staf pengajar, dan pegawai administrasi.
Pengguna Perpustakaan Universitas Muslim
Nusantara (UMN) pada tahun 2009 sebanyak 621 orang pengunjung perpustakaan dengan jumlah
koleksinya sebanyak 1428 judul dengan total
jumlah buku bacaan sekitar 3845 eksemplar. Pelayanan pengguna dilakukan dengan sistem terbuka (open access), yaitu
pengguna dapat langsung memilih bahan
pustaka yang diperlukan ke rak buku (bahan pustaka berupa buku dan majalah).
Dengan banyaknya koleksi yang
dimiliki oleh perpustakaan apabila tidak dimanfaatkan oleh pengguna berarti
perpustakaan itu belum berfungsi sebagai mana yang diharapkan. Salah satu penyebabnya
mungkin terdapat pada prosedur kerja
kegiatan pelayanan yang kurang baik.
Berdasarkan uraian di atas
penulis penulis merasa tertarik untuk menulis kertas karya ini dengan mengambil judul
“PELAYANAN PENGGUNA PADA PERPUSTAKAAN
UMN MEDAN “. Sesuai dengan judul tersebut maka masalah yang dibahas pada penulisan kertas
karya ini bagaimana penyelenggaraan pelayanan
pengguna pada perpustakaan UMN Medan.
8 1.2 Tujuan Penulisan Adapun
yang menjadi tujuan penulisan kertas karya ini : 1.
Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan pengguna pada perpustakaan UMN.
2. Untuk mengetahui sejauh mana kegiatan
pelayanan pengguna yang telah dilakukan
oleh perpustakaan UMN dalam memenuhi kebutuhan penggunanya.
3. Untuk mengetahui jenis pelayanan yang
tersedia pada perpustakaan UMN.
4. Untuk mengetahui keberadaan perpustakaan UMN.
Download lengkap Versi PDF