Skripsi Akuntansi: PENGAWASAN INTERN TERHADAP AKTIVA TETAP PADA PT SOUCI INDOPRIMA MEDAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar belakang
masalah Sektor perekonomian suatu negara mempengaruhi perkembangan negara tersebut  dengan perekonomian yang sehat dan stabil mempermudah masyarakat menuju cita- cita  yang diinginkan sebagai masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu perekonomian  memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap negara. Setiap perusahaan, baik  perusahaan industri, perusahaan jasa maupun perusahaan dagang tentu memiliki aktiva  tetap. Perkiraan aktiva tetap merupakan salah satu unsur yang terdapat di dalam neraca  yang sifatnya permanent dan dapat digunakan terus-menerus dalam proses produksi,  selama taksiran umur ekonomis aktiva tersebut.

Aktiva tetap pada umumnya terdiri dari tanah, kenderaan, mesin, gedung dan  harta berwujud lainnya yang digunakan dalam kegiatan perusahaan dan tidak untuk dijual. Aktiva tetap dapat diperoleh perusahaan dengan berbagai cara, dan setiap cara  akan mempengaruhi penentuan harga perolehan. Adapun cara tersebut dapat berupa  pembelian tunai, pembelian cicilan, hadiah. Aktiva tetap merupakan salah satu sumber  daya atau kekayaan yang harus mendapat perhatian besar. Oleh karena itu pengawasan  yang baik terhadap aktiva tetap merupakan factor penunjang terjaminnya operasional  perusahaan dengan lancer. Bila aktiva tetap perusahaan mengalami kerusakan karena  kurangnya perhatian dari pihak perusahaan atau kurangnya pengawasan aktiva tetap  menyebabkan terganggunya kegiatan perusahaan.
Untuk itu aktiva tetap yang ada pada suatu perusahaan haruslah benar-benar  diperhatikan karena bila ditinjau dari segi pengolahan dan pembuatannya memakan  waktu yang cukup lama serta pengawasan rumit. Sistem pengawasan dimulai dari saat  dibuatnya komitmen terhadap pengadaan aktiva tetap sampai disposisi terakhir melalui  penjualan aktiva tetap. Pengawasan dilaksanakan untuk menguji kebenaran aktiva tetap,  apakah dipertanggungjawabkan, dipergunakan secara jujur, diasumsikan secukupnya dan  ditangani dengan cara lain sebagaimana yang telah ditetapkan oleh manajemen  perusahaan.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengelola aktiva tetap yang terdapat dalam  perusahaan seperti kesalahan dalam penafsiran umur ekonomis, kesalahan penyusutan  aktiva tetap dan pemeliharaan aktiva tetap yang tidak benar akan menimbulkan kerugian  bagi perusahan sehingga aktiva tetap yang dimiliki perusahaan perlu dibuat pengawasan  intern yang benar sesuai dengan standar akuntansi yang berterima secara umum. Dari  uraian di atas, maka peneliti memilih “PengawasanIntern Terhadap Aktiva Tetap pada  PT Souci Indoprima Medan ”.


Download lengkap Versi PDF