Skripsi Akuntansi: PENGARUH PIUTANG USAHA TERHADAP LAPORAN ARUS KAS PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN


BAB I
PENDAHULUAN  
A.      Latar Belakang
Masalah Untuk dapat mengetahui kinerja setiap perusahaan, perusahaan harus  menyajikan suatu laporan keuangan pada satu periode. Laporan keuangan  digunakan sebagai dasar untuk menentukan atau menilai posisi keuangan  perusahaan, dimana hasil analisis tersebut digunakan oleh pihak – pihak yang  berkepentingan untuk mengambil suatu keputusan. Selain itu laporan keuangan  akan dapat menilai kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban –  kewajibannya, struktur modal usaha, keefektifan penggunaan aktiva, serta hal –  hal lainnya yang berhubungan dengan keadaan finansial perusahaan.
Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi,  laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara,  seperti, misalnya sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan dan  laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Salah satu tujuan laporan keuangan adalah untuk membantu para pemakai  laporan keuangan dalam membuat prediksi – prediksi tentang arus kas masuk dan  arus kas keluar sebuah perusahaan pada masa yang akan datang yang tertuang  dalam laporan arus kas.
PT PERKEBUNAN NUSANTARA  III  (Persero)  Medan merupakan  perusahaaan yang usahanya bergerak dibidang perkebunan karet dan perkebunan  kelapa sawit yang memproduksi sendiri hasil perkebunannya. Perusahaan  tersebut selalu melakukan aktivitas penjualan. Salah satu aktivitas yang sangat  penting bagi kegiatan usaha perusahaan.
Penjualan yang bersifat kredit akan menimbulkan piutang. Dengan adanya  piutang tersebut, penulis mencoba mengemukakan pengaruh piutang usaha  terhadap laporan arus kas. Kas yang disediakan  oleh operasi (selisih antara  penerimaan kas dengan pengeluaran kas) ditentukan dengan mengkonversi laba  bersih atas dasar akrual menjadi dasar kas. Hal ini dilakukan dengan  menambahkan atau mengurangi dari laba bersih pos-pos dalam laporan laba rugi  yang tidak mempengaruhi kas, seperti kenaikan dan penurunan piutang usaha.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti pengaruh  piutang usaha terhadap PT PERKEBUNAN NUSANTARA III (Persero) Medan dan  membahasnya dalam suatu skripsi yang diberi judul “ Pengaruh Piutang  Usaha terhadap Laporan Arus Kas Terhadap  PT PERKEBUNAN  NUSANTARA III (Persero) Medan”.


Download lengkap Versi PDF