Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pra Rancangan Pabrik Pembuatan Pupuk Cair dari Pengolahan Limbah Cair Kelapa Sawit Menggunakan Konsep Zero Emisi dengan Kapasitas 45 Ton TBSjam

Abstrak: Pra Rancangan Pabrik Pembuatan Pupuk Cair dari Pengolahan Limbah Cair Kelapa Sawit Menggunakan Konsep Zero Emisi dengan Kapasitas 45 Ton TBS/jam

Pengolahan limbah cair kelapa sawit menjadi pupuk cair memiliki potensi besar dalam mengurangi dampak negatif industri kelapa sawit terhadap lingkungan. Penelitian ini mengusulkan pra rancangan pabrik untuk memproduksi pupuk cair dari limbah cair kelapa sawit dengan menggunakan konsep zero emisi, dengan kapasitas produksi sebesar 45 ton tandan buah segar (TBS) per jam.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengintegrasikan proses pengolahan limbah cair kelapa sawit menjadi produk bernilai tambah, yaitu pupuk cair, dengan pendekatan ramah lingkungan. Konsep zero emisi diadopsi untuk meminimalkan dampak negatif pada lingkungan seiring dengan produksi pupuk cair. Proses ini akan melibatkan tahap pemisahan dan pengolahan limbah cair untuk menghasilkan nutrien yang diperlukan dalam pupuk.

Metode yang digunakan melibatkan studi literatur mendalam tentang proses pengolahan limbah cair kelapa sawit, teknologi konsep zero emisi, dan teknik pembuatan pupuk cair. Selanjutnya, dilakukan analisis teknis dan lingkungan untuk menilai efisiensi proses, dampak lingkungan, serta aspek ekonomi dari pabrik pupuk cair ini.

Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah rancangan awal pabrik yang mencakup tata letak pabrik, aliran proses, serta estimasi biaya dan keuntungan. Dengan menerapkan konsep zero emisi, diharapkan pabrik ini tidak hanya menghasilkan produk bernilai tambah tetapi juga berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan.

Kata kunci: pengolahan limbah cair kelapa sawit, pupuk cair, zero emisi, pra rancangan pabrik, ramah lingkungan, kapasitas produksi.


Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.