Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Paparan Kebisingan dan Penanggulangannya Secara Ergonomis di PT.Permata Hijau Palm Oleo

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Permasalahan
Ergonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu ergos yang berarti kerja/bekerja dan nomos yang berarti aturan/hukum alam. Jadi, Ergonomi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan yang mempertimbangkan segala aspek ruang lingkupnya. Salah satu aspek dalam ergonomi adalah lingkungan kerja. Lingkungan kerja diartikan sebagai segala sesuatu yang berada di sekitar tenaga kerja yang dapat mempengaruhi pekerja dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Salah satu faktor fisik lingkungan kerja adalah kebisingan.

Berdasarkan Kebisingan (noise) merupakan bunyi atau suara yang tidak dikehendaki (mengganggu). Gangguan bunyi tersebut dapat diadaptasi oleh fisik, namun syaraf dapat tergangu. Bising dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti gangguan fisiologis, gangguan psikologis, gangguan komunikasi dan ketulian.
  Satwiko, Prasasto. 2009. Fisika Bangunan. ANDI: Yogyakarta.
2 Ogobiri G.E dkk. Analysis of noise level from different sawmills and its evironmental effects in yenagoa metropolis. Jurnal Vol 2 No 6 .Wilberforce Island, Nigeria August  penelitian yang dilakukan oleh Ogobiri G. E dkk (2014) dengan judul “Analysis of Noise Level From Different Sawmills and its Evironmental Effects in Yenagoa Metropolis” menggunakan instrumen berupa sound level meter dan kuesioner dengan sampel 45 warga dan 45 pekerja yang berada 20 m dari lokasi diperoleh hasil bahwa adanya pengaruh durasi dan tingkatkebisingan terhadap psikologis warga dan pekerja. Berdasarkan hasil survei kuesioner, 10% responden mengeluh karena menjadi lebih cepat marah dan cemas. Sedangkan persentase efek fisiologis (sakit kepala dan gangguan tidur) adalah 73%. Saran yang dapat diberikan adalah melakukan pengelolaan terhadap sumber bising.
Permasalahan kebisingan ditemukan di PT.Permata Hijau Palm Oleo  yang bergerak dalam industri pembuatan minyak goreng dan jerry can.
PT.Permata Hijau Palm Oleo memiliki beberapa departemen yaitu departemen moulding, departemen filling dan departemen shortening. Tingkat kebisingan rata–rata masing-masing departemen adalah 97 dB, 90 dB dan 88 dB. Sehingga penelitian ini dikhskan pada Departemen Moulding karena memiliki tingkat kebisingan tertinggi dibandingkan dari departemen lainnya. Departemen Moulding memiliki 3 area kerja yaitu area kerja pencetakan (moulding), pencacahan bahan (crusher) dan pencampuran bahan (mixing). Departemen Moulding bertugas untuk memproduksi jerry can (kemasan minyak goreng).
Operator departemen moulding berusia 25-35 Tahun. Perbedaan usia operator tidak merubah aktivitas operator selama bekerja. Elemen kerja operator adalah mempersiapkan bahan baku dan memasukkannya ke dalam bak bahan baku, Pengelolaan sumber bising telah dilakukan oleh Branko Redicevic dkk pada Tahun 2012 di sebuah Pabrik Triplek dengan merancang sebuah barrier berbahan dasar logam yang dikombinasikan dengan karet. Hasil perancangan tersebut mampu mengurangi tingkat kebisingan sebesar 14 dB.

 Radicevic, Branko dkk. 2012. Design Of Noise Protection Of Industrial Plants-Case Study Of A Plywood Factory. University Of Kragujevag : Serbia.memperhatikan proses pencetakan dan mengambil hasil cetakan jerry can, memotong bagian plastik yang tersisa dari pencetakan, melakukan inspeksi menggunakan mata untuk melihat warna jerry can serta mengangkat jerry can ke tempat penumpukan jerry can.

Contoh Skripsi Industrial Engineering:Analisis Paparan Kebisingan dan Penanggulangannya Secara Ergonomis di PT.Permata Hijau Palm Oleo
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.