Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Civil Engineering:Analisis Kekakuan Struktur Portal Terbuka Dibandingkan Dengan Pemanfaatan Dinding Bata Sebagai Bracing Terhadap Gaya Gempa Secara Modal Analysis 2d Dan Program Etabs 3D



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Salah satu sistem struktur yang paling banyak digunakan di Indonesia  adalah struktur portal beton bertulang dengan dinding bata.  Pada umumnya  dinding bata hanya difungsikan sebagai pengisi pada portal atau penyekat antar  ruangan dan diperhitungkan sebagai beban yang ditanggung oleh portal. Dalam  perencanaan, struktur seperti ini diasumsikan sebagai portal terbuka (open frame)  dan dinding bata menjadi beban gravitasi yang bekerja pada balok.  Dengan  demikian, kekakuan struktur sepenuhnya hanya dihasilkan oleh portal. Namun,  beberapa penelitian menunjukkan bahwa dinding bata dapat berkontribusi untuk meningkatkan kekakuan lateral dan kekuatan struktur sehingga dinding bata  seharusnya didesain sebagai elemen struktur.

 Tanjung dan Maidiawati (2016) melakukan penelitian eksperimental  terhadap struktur portal tunggal beton bertulang yang diisi dinding bata merah  serta diberikan beban lateral. Ketika dinding  bata didesain sebagai elemen  struktur, maka mekanisme transfer beban akan berubah dari sistem transfer portal  menjadi sistem transfer rangka batang seperti Gambar 1.1.
 Gambar 1.1 Mekanisme Transfer Beban Lateral (Murty dan Jain, 2000)  Dengan melihat perpindahan yang terjadi diperoleh bahwa kekakuan infilled  frame lebih tinggi dari kekakuan portal terbuka. Perpindahan infilled frame 52,5%  lebih tinggi dari portal terbuka.
 Paudel dan Adhikari (2015) melakukan penelitian analitis untuk melihat  pengaruh dinding bata terhadap struktur portal beton bertulang. Penelitian tersebut  membandingkan antara portal terbuka dan infilled frame. Metode yang digunakan  adalah metode equivalent diagonal strut  sesuai FEMA 356 di mana dinding  dimodelkan sebagai bracing tekan seperti Gambar 1.2.
 Gambar 1.2 Struktur 6 Lantai yang Ditinjau (Paudel dan Adhikari, 2015)  Ujung-ujung bracing yang berhubungan langsung dengan balok dan kolom dibuat  sebagai sendi. Tebal dari bracing adalah sama dengan tebal dinding bata. Dari  analisis tersebut diperoleh bahwa perioda fundamental, perpindahan, dan gaya  geser dasar infilled frame lebih kecil dari portal terbuka. Oleh karena mekanisme  transfer beban telah berubah menjadi sistem transfer rangka batang, maka gaya  aksial pada kolom meningkat dan momennya berkurang.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Analisis Kekakuan Struktur Portal Terbuka Dibandingkan Dengan Pemanfaatan Dinding Bata Sebagai Bracing Terhadap Gaya Gempa Secara Modal Analysis 2d Dan Program Etabs 3D
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.