BAB 1
PENDAHULUAN
Pada bab ini
akan menjelaskan mengenai latar belakang pemilihan judul skripsi “Implementasi
Augmented Reality (AR) pada Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android”,
rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi
penelitian, dan sistematika penulisan.
1.1. Latar
Belakang
Dengan seiring
berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi pada era globalisasi
dan serba modern akan kecanggihan teknologi yang dimiliki. Hal ini menjadikan
teknologi sebagai kebutuhan dalam mempermudah aktivitas manusia seharihari,
seperti aktivitas militer, pemerintah,
perkantoran, hiburan dan lainnya. Salah
satu diantaranya adalah pendidikan, dengan adanya penerapan teknologi yang
canggih tentunya dapat membantu aktivitas dalam sistem belajar mengajar.
Adapun teknologi
yang dimaksud adalah Augmented Reality (AR) yang merupakan gagasan atau ide
baru dari teknologi yang berhubungan dalam bidang desain grafis dan berkaitan
dengan multimedia. Secara garis besar, Augmented Reality merupakan penggabungan
benda-benda nyata dan maya yang berada di lingkungan nyata dalam waktu yang
nyata dan terintegrasi dengan baik dan jelas. Dalam hal ini, tentunya Augmented
Reality dapat memberikan kelebihan dalam interaksi antara manusia dengan komputer
melalui tampilan objek yang menarik dan menyerupai benda nyata (aslinya) serta
berbentuk 3 dimensi (3D) sehingga terlihat lebih jelas dan real-time (Azuma,
1997).
Dalam konteks
ini, AR dapat diterapkan dalam dunia pendidikan, karena dapat memberikan
informasi yang praktis, mudah dipahami dan dapat menggambarkan ilustrasi dari
informasi yang diberikan. Hal ini, didorong karena penggunaan teknologi pada bidang
pendidikan di Indonesia belum memadai yang disebabkan beberapa faktor, salah satu
diantaranya adalah penggadaan fasilitas dalam proses belajar mengajar yang
belum diterapkan dengan teknologi AR khsnya dalam hal mengenal
perangkat-perangkat yang terdapat pada komputer, terutama perangkat keras
(hardware) komputer. Hal tersebut ternyata masih banyak yang belum mengetahui
hardware komputer secara lebih detail beserta fungsinya, yang disebabkan karena
belum adanya alat peraga yang mendukung untuk memberikan ilustrasi yang
dibutuhkan. Maka dari itu, penulis berkeinginan untuk menerapkan teknologi AR
sehingga diharapkan dapat memberikan kemudahan dan relevansi untuk pendukung
sistem belajar mengajar agar lebih baik secara kualitas maupun kuantitas kepada
pengguna (user). Dengan tujuan untuk memberikan manfaat dan kemudahan terhadap
pengguna dalam mengenal, mengetahui dan memahami.
Dari penjelasan
yang telah diuraikan, maka penulis mengadakan penelitian tugas akhir dengan
judul “Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Pengenalan Hardware Komputer
Berbasis Android”.
Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Augmented Reality (Ar) Pada Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.