BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Nilai perusahaan
dapat tercermin dari nilai sahamnya. Jika nilai sahamnya tinggi bisa dikatakan
bahwa nilai perusahaannya juga baik. Karena tujuan utama perusahaan adalah
meningkatkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran pemilik atau para
pemegang saham.
Menurut Husnan
(2000) definisi nilai perusahaan: “Nilai perusahaan merupakan harga yang
bersedia di bayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut di jual”.
Harga pasar yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi, peningkatan
kemakmuran pemegang saham dan menjadi keinginan para pemilik perusahaan.
Sedangkan menurut Martin(2008): “Nilai perusahaan merupakan nilai atau harga
pasar yang berlaku atas saham umum perusahaan”.
Berdasarkan kedua definisi di
atasmenunjukkan bahwa nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar
oleh calon pembeli diartikan sebagai harga pasar atas perusahaan itu sendiri
seperti yang terjadi di bursa saham, harga pasar berarti harga yang bersedia
dibayar oleh investor untuk setiap lembar saham perusahaan. Oleh karenanya
dapat dikatakan bahwa nilai perusahaan adalah merupakan persepsi investor
terhadap perusahaan yang selalu dikaitkan dengan harga saham.Tujuannya adalah
membuat pasar percaya tidak hanya pada kinerja perusahaan saat ini namun juga
pada prospek perusahaan di masa depan.
Hal-hal atau
variabel yang dapat digunakansebagai ukuran nilai perusahaan antara lain adalah
pertanggungjawaban perusahaan yang baik (good Universitas Sumatera Utara corporate
governance), adanya corporate social responsibility dari perusahaan yang
ditandai dengan pengungkapan laporan tahunan dalam kurun waktu yang ditentukan.
Di lain hal kinerja keuangan berupa profitabilitas suatu perusahaan dapat
meningkatkan nilai perusahaan yang dalam penelitian ini akan dibahas apakah
variabelkinerja keuangan yang diproksi denganreturn on equity (ROE),profitabilitasyang
diproksi denganreturn on asset (ROA) dan corporate social responsibility (CSR)
dengan satu variabel moderasi yaitu good corporate governance (GCG)berpengaruh
terhadap nilai perusahaan yang diproksi dengan price book value (PBV).
Menurut Handoko
(2012) “ kinerja keuangan (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan,
Unsur dari good corporate governance (GCG) yaitu proporsi komisaris independen
dan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) mampu memoderasi
hubungan antara kinerja keuangan (ROA) dengan nilai perusahaan.
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Kinerja Keuangan, Profitabilitas,dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.