Contoh Skripsi Kedokteran:Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Anak Buah Kapal Bagian Kamar Mesin Terhadap Gangguan Pendengaran Akibat Bising di Kapal Tunda PT PELINDO I | Contoh Skripsi
Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Kedokteran:Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Anak Buah Kapal Bagian Kamar Mesin Terhadap Gangguan Pendengaran Akibat Bising di Kapal Tunda PT PELINDO I

BAB 1
 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Hingga saat ini kebisingan masih menjadi masalah utama di negara industri (Suma’mur, 1993). Kebisingan termasuk salah satu penyakit akibat kerja (Kepres No 22, 1993). Kebisingan di tempat kerja dapat mengurangi kenyamanan, dan ketenangan kerja, mengganggu indera pendengaran, mengakibatkan penurunan daya dengar dan bahkan pada akhirnya dapat mengakibatkan ketuliaan yang menetap.
Pada pertemuan konsultasi WHO-SEARO (South East Asia Regional Office) Intercountry Meeting (2002), menyebutkan bahwa kebisingan merupakan salah satu yang menjadi masalah utama dalam penyebab terjadinya gangguan pendengaran di Indonesia dan khsnya oleh kebisingan lingkungan kerja (Bashiruddin dan Soetirto, 2007).

Berdasarkan survey multi center study di Asia Tenggara pada tahun 1998, bahwa Indonesia termasuk 4 negara dengan prevalensi ketulian yang cukup tinggi (Suwento, 2007). WHO-SEARO (South East Asia Regional Office) (2002), melaporkan bahwa kebisingan merupakan salah satu yang menjadi masalah utama dalam penyebab terjadinya gangguan pendengeran di Indonesia. Gangguan pendengaran akibat bising (GPAB) di lingkungan kerja menduduki proporsi terbanyak dibandingkan gangguan akibat bising lainnya (Bashiruddin dan Soetirto, 2007) Di Sumatera Utara penelitian tentang gangguan pendengaran akibat bising di tempat kerja telah banyak dilakukan sejak lama seperti penelitian yang dilakukan Kamal (1991) yang dikutip oleh Rambe (2003) melakukan penelitian terhadap pandai besi yang berada di sekitar kota . Ia mendapatkan sebanyak 92,3% pandai besi tersebut menderita sangkaan GPAB. Kemudian penelitian selanjutnya yang dilakukan oleh Syahriani (2003) pada tenaga kerja bagian pengolahan pabrik kelapa sawit diperoleh data dari 24 responden sebanyak 21 orang telah mengalami penurunan daya dengar yang diakibatkan kebisingan.

Husdiani (2008) pada penelitiannya di PT. X  diperoleh 40 % pekerja mengalami NIHL. Daulay dan Raudah (2006) melakukan penelitian pada tenaga kerja bagian pengolahan kelapa sawit. Ia memperoleh hasil dari 20 orang tenaga kerja ditemukan 11 orang tenaga kerja yang mengalami penurunan kemampuan pendengaran ringan pada telinga kanan dan 10 orang pada telinga kiri, sedangkan yang mengalami penurunan kemampuan pendengaran sedang ada 3 orang untuk telinga kanan dan 4 orang untuk telinga kiri.

Contoh Skripsi Kedokteran:Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Anak Buah Kapal Bagian Kamar Mesin Terhadap Gangguan Pendengaran Akibat Bising di Kapal Tunda PT PELINDO I
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.