Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Lamanya Waktu Reaksi Polimerisasi Pada Proses Pembuatan Poliester dari Asam Lemak Sawit Distilat (ALSD)

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan salah satu produsen minyak sawit terbesar di dunia.
Konsumsi minyak sawit di dalam negeri digunakan sebagai bahan baku industri minyak goreng, margarin, sabun, serta industri oleokimia yang memproduksi asam lemak sawit, metil ester dan fatty alcohol [1]. Dalam pengolahan minyak kelapa sawit diperoleh beberapa turunan diantaranya adalah hasil distilat dari minyak sawit yaitu Asam Lemak Sawit Distilat (ALSD) yang banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan ternak, sabun kualitas rendah dan akhir-akhir ini juga digunakan sebagai bahan baku biodiesel [2].

Kondisi ini memberikan gambaran bahwa dengan meningkatnya industri minyak sawit, maka perolehan ALSD turut meningkat. ALSD sebagai hasil samping ini memiliki potensi yang cukup besar untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk berbasis oleokimia, tidak hanya karena alasan ekonomis namun juga karena banyaknya pilihan sifat-sifat produk turunan yang dihasilkan dan pengaruhnya terhadap ekosistem [1]. Untuk itu diperlukan adanya pengolahan lebih lanjut agar ALSD memiliki nilai jual lebih tinggi yaitu salah satu caranya adalah dengan memanfaatkannya sebagai bahan baku poliester.
Poliester memiliki banyak kegunaan diantaranya untuk membuat botol, film, tarpaulin, kano, tampilan kristal cair, hologram, penyaring, saput dielektrik untuk kondensator. Poliester saat ini umumnya disintesis menggunakan asam   tereftalat yang merupakan senyawa hidrokarbon yang tidak dapat diperbaharui.
Asam tereftalat berasal dari fraksi kerosin yang diaromatisasi menghasilkan paraxylene kemudian dilanjutkan dengan reaksi oksidasi menghasilkan asam tereftalat [4]. Data statistik produksi poliester di dunia dapat dilihat pada tabel 1.2.
Penelitian-penelitian yang terkait dalam pemanfaatan Asam Lemak Sawit Distilat dan juga polimerisasi minyak nabati telah banyak dilakukan diantaranya yaitu Marlina (2007) memanfaatkan asam lemak bebas teroksidasi dari minyak jarak dan 2,4 toluen diisosianat untuk sintesis membran poliuretan dengan memvariasikan komponen monomer, temperatur dan waktu reaksi. Hasil optimum diperoleh pada rasio monomer 1,2 : 0,56 pada 1000C dan selama 5 menit [6].
Utami (2009) mensintesis polieugenolisiasetil tiopen metanolat dari eugenol minyak cengkeh sebagai carier untuk recovery ion logam Cu2+, Cd2+ dan Cr3+.
Diperoleh hasil cairan kental berwarna coklat kehitaman dengan berat molekul 7019,8 g/mol pada waktu reaksi optimum 4 jam dengan katalis BF3-dietileterat [7]. Zhang, dkk. (1994) mensintesis polikaprolakton dari asam salisilat dan kaprolaktan. Diperoleh waktu reaksi polimerisasi maksimum pada waktu 3 jam [8]. Topallar, dkk. (1997) melakukan kinetika autooksidatif polimerisasi minyak biji bunga matahari dengan waktu reaksi optimum 32 hari [9]. Petrovic (2010) mensintesis poliester linear berberat molekul tinggi dari metil ester 9- hydroxynchanoic acid dengan viskositas 2,6-11 Pa.s [10]. Croston, et al. (1952) melakukan polimerisasi minyak kedelai dan metil esternya dengan menggunakan katalis boron trifluorida dan hidrogen fluorida memberikan hasil yang tinggi [11].

Rasyid (2011) memanfaatkan Asam Lemak Sawit Distilat sebagai bahan baku biodiesel dengan memvariasikan suhu dan konsentrasi katalis HCl [12]. Nurmian, et al. (2000) mensintesis poliester dari minyak goreng yang berasal dari CPO   dengan metil ester sebagai senyawa antara dipolimerisasi dengan katalis BF3- dietil eterat dilanjutkan dengan reaksi poliesterifikasi diperoleh kondisi optimum pada waktu reaksi polimerisasi 4 jam dan katalis 10 ml [13].

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Lamanya Waktu Reaksi Polimerisasi Pada Proses Pembuatan Poliester dari Asam Lemak Sawit Distilat (ALSD)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.