Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Suhu Vulkanisasi dan Pembebanan Selulosa Mikrokristalin dari Tepung Kulit Singkong dengan Penambahan Alkanolamida sebagai Bahan Penyerasi Alkanolamida pada Pembuatan Film Lateks Karet Alam

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Hingga saat ini, pembuatan produk lateks karet alam telah banyak menarik perhatian para peneliti, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini disebabkan oleh sifat-sifat produk lateks karet alam yang tidak terdapat pada bahanbahan lazim seperti logam besi, keramik, dan bahan polimer [1]. Lateks karet alam merupakan sumber daya alam yang terbarukan dimana bahan ini mengandung 93- 95% cis-1,4-poliisoprena yang diperoleh dari hasil penyadapan batang pohon karet Hevea brasiliensis. Lateks karet alam memiliki sifat fleksibel, tahan air, pemanjangan yang baik, kekuatan yang tinggi dan kemampuan pemrosesan yang baik [2-3]. Lateks karet alam digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk seperti sarung tangan, kondom, busa, balon, catheters, dental dam dan benang lateks [4].

Produk lateks karet alam dibuat dengan menggunakan lateks karet alam sebagai matriks dan penambahan pengisi anorganik ataupun organik [5-7]. Beberapa pengisi anorganik yang pernah digunakan dalam produk lateks karet alam antara lain tanah liat [8], silika [9], dan graphene [10]. Adapun pengisi organik yang juga digunakan dalam produk lateks karet alam antara lain lignin dari serat cartoya [7], pati [2], dan selulosa mikrokristalin [11]. Penambahan dari bahan pengisi tersebut akan meningkatkan kekuatan tarik, kekuatan sobek, pemanjangan saat putus, kestabilan termal yang baik dan sifat biodegradasi pada produk lateks karet alam [2, 7-11].
Pada negara berkembang, terutama Indonesia, limbah kulit singkong dapat menjadi masalah pencemaran lingkungan. Hal ini disebabkan oleh pemanenan singkong dalam jumlah yang besar sehingga limbah kulit singkong juga semakin besar. Penelitian mengenai pemanfaatan limbah kulit singkong sudah pernah dilakukan seperti pada pembuatan bioetanol dari limbah kulit singkong [12]. Limbah kulit singkong mengandung selulosa sekitar 37,9% sehingga memiliki potensi untuk diproses menjadi selulosa mikrokristalin yang dapat ditambahkan ke dalam lateks karet alam sebagai pengisi organik [13]. Selulosa mikrokristalin adalah bahan  berbentuk serbuk dan bersifat biodegradabel yang dapat diperoleh dari hasil hidrolisis selulosa dengan asam kuat [2, 11]. Sainz, et al (2010) meneliti bahwa penambahan selulosa mikrokristalin pada hydroxypropyl methyl cellulose (HPMC) akan meningkatkan sifat mekanik dari film komposit [14].

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Pengaruh Suhu Vulkanisasi dan Pembebanan Selulosa Mikrokristalin dari Tepung Kulit Singkong dengan Penambahan Alkanolamida sebagai Bahan Penyerasi Alkanolamida pada Pembuatan Film Lateks Karet Alam
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.