Contoh Skripsi agribusiness:Peranan Tenaga Kerja Wanita Dalam Industri Sapu Ijuk Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang  
Kondisi krisis ekonomi yang dialami oleh bangsa Indonesia saat ini  berdampak sangat luas dan memberatkan kehidupan masyarakat dari semua  lapisan. Dalam keadaan ekonomi yang tidak menentu seorang kepala rumah  tangga pada dasarnya harus menyesuaikan diri antara lain dengan memanfaatkan  anggota rumah tangga untuk bekerja sebagai upaya meningkatkan pendapatan  keluarga (Gilarso, 1994).
Wanita Indonesia  terutama di pedesaan sebagai sumber daya manusia  cukup nyata berpartisipasi khsnya dalam memenuhi fungsi ekonomi keluarga  dan rumah tangga bersama pria. Partisipasi tenaga kerja wanita memang erat  kaitannya dengan latar belakang keluarga, mengingat bahwa fungsi keluarga  dalam pengambilan keputusan sangat menentukan. Kemiskinan yang dihadapi  oleh sebagian besar keluarga di pedesaan menuntut keikutsertaan semua anggota  keluarga untuk memikirkannya (Wulandari, 1992).

Keinginan para wanita untuk dapat meningkatkan taraf hidup, perbaikan  taraf hidup,  dan perbaikan keadaan ekonomi serta keadaan sosial keluarga  senantiasa tergambar dari upaya yang selalu mereka lakukan. Misalnya dengan  bekerja di sektor industri atau mencari nafkah untuk menambah penghasilan  keluarga. Wanita pada umumnya sangat peka dengan keadaan dan permasalahan  yang terjadi dalam keluarga, mereka akan menjadi penengah untuk setiap masalah  yang terjadi di dalam keluarga, mereka juga tidak segan-segan untuk memasuki 1   dunia pekerjaan yang beresiko tinggi apabila keadaan keluarga mereka  mengharuskan untuk berbuat demikian (Ihromi,1995).
Pendapatan rumah tangga merupakan hasil usaha bersama dari semua  anggota rumah tangga yang mempu bekerja dan digunakan untuk semua anggota  rumah tangga sesuai dengan pos-posan pengeluaran, pengeluaran tertinggi ada  pada pos makanan (Bastian, 1995).
Dalam rangka dinamika dan pergeseran mata pencaharian daerah pedesaan  yang cenderung berubah dari pola agraris ke non agraris, misalnya menonjolkan  aktivitas industri rumah tangga, industri pariwisata, jasa, kehidupan sektor formal  lainnya seperti pendidikan, pegawai,  dan lain sebagainya ternyata wanita  memegang peranan juga. Terutama untuk menambah pendapatan keluarga dan  membantu kegiatan suami serta mengurangi beban dan ketergantungan isteri  terhadap suami (Kartini, 1995).


Contoh Skripsi agribusiness:Peranan Tenaga Kerja Wanita Dalam Industri Sapu Ijuk Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.