Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Fungsi Bendung Dan Floodway Sungai Deli-Percut Dalam Mitigasi Banjir



 BAB I  
PENDAHULUAN
 I.1. Latar Belakang
Sungai Deli adalah sungai  yang mengalir melalui  inti kota . Sungai  ini sering  mengalami  banjir  dan  melimpasi  bantaran  di  sekitarnya.  Bencana  banjir  tanggal  26  Nopember  1990  tercatat  sebagai  banjir  yang  terutama  melimpasi  daerah  utara  kota    (daerah utara Helvetia) dengan  seluas 45 km  dan mengakibatkan  korban jiwa.  Limpasan air  terjadi karena tidak cukupnya kapasitas alir air sungai-sungai tersebut.
 Bencana  banjir  di  kota    sebagian  besar  terjadi  di  sepanjang  Sungai  Deli.
 Daerah Aliran Sungai (DAS) Deli dengan luas 48.162 hektar berawal dari  pegunungan Bukit  Barisan pada ketinggian 1.725 m di atas permukaan laut hingga  pantai Selat Malaka. Sungai  Deli dengan panjang 71,91 km mengalir melalui kota  yang berada di bagian hilir DAS  Deli dengan ketinggian berkisar 0-40 m di atas permukaan laut. Sungai ini merupakan saluran  utama yang mendukung drainase kota  dengan cakupan luas wilayah pelayanan sekitar  51% dari luas kota .

  Terbatasnya peningkatan kapasitas sungai Deli oleh karena banyaknya bangunan, baik  bangunan perumahan, perkantoran maupun industri di sepanjang sungai.  Dimana luas daerah  genangan  ±  9.000  ha  yang  terdiri  dari  daerah  industri,  pemukiman  dan  areal  transportasi.
 Semua ini terjadi  disebabkan akibat  penampang sungai/anak sungai melalui daerah  potensial  tersebut semakin kecil  disebabkan tingginya tingkat pertumbuhan penduduk, bertambahnya  aliran  permukaan,  kerusakan  daerah  tangkapan  air  di  hulu  sungai,  dan  kurangnya  tingkat kesadaran  masyarakat  dimana  sering  membuang  sampah  ke  sungai/anak  sungai  dan  sangat  minimnya biaya operasi serta pemeliharaan untuk bangunan drainase yang sudah ada.
   Perubahan  tata  guna  lahan  merupakan  sumber  permasalahan  banjir.  Hal  ini  dikarenakan  perubahan  tata  guna  lahan  tersebut  akan  mempengaruhi  pengaliran  air  yang  terjadi, yaitu koefisien C (koefisien Run-off) dalam rumus debit pengaliran air. Apabila lahan  berubah  dari  lahan  resapan  menjadi  lahan  kedap  air  seperti  perkerasan  aspal  dan  atap  bangunan  akan  mengasilkan  aliran  hampir  100%  setelah  permukaan  menjadi  basah,  berapapun  kemiringannya  artinya  air  tidak  dapat  meresap  dan  langsung  mengalir  di  atas  permukaan sehingga mengakibatkan debit air yang besar. Apabila saluran (drainase) yang ada  dibangun  dengan  perencanaan  lahan  yang  resap  air,  maka  perubahan  tata  guna  lahan  yang  kedap air dapat menjadi penyebab terjadinya banjir akibat berubahnya besar debit aliran yang  terjadi. Penanganan  masalah banjir kota  selama ini baru difokuskan pada bagian alur  sungai saja (in-stream) dan belum menyentuh pada pengelolaan DAS (off stream).


Contoh Skripsi Civil Engineering:Evaluasi Fungsi Bendung Dan Floodway Sungai Deli-Percut Dalam Mitigasi Banjir
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.