Contoh Skripsi Kedokteran:Perubahan Seru¬m Transaminase Post-Operatif Pasien Kolelitiasis Yang Menjalani Kolesistektomi Laparoskopi Dan Kolesistektomi Terbuka



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Selama beberapa dekade terakhir, operasi laparoskopi telah  mengubah  pandangan tenaga medis dalam tatalaksana untuk pasien dengan penyakitpenyakit kandung empedu dan batu empedu. Kini laparoskopi kolesistektomi telah menjadi “gold standard” dalam menatalaksana penyakit kandung empedu  yang ringan, seperti batu empedu dan kolesistitis atau infeksi saluran empedu,  menggantikan kolesistektomi terbuka. Zaman sekarang, lebih dari 90 %  kolesistektomi dilakukan secara laparoskopi (Tan et al, 2003).
Kolesistektomi secara laparoskopi menawarkan banyak keunggulan  dibandingkan dengan kolesistektomi konvensional yang dilakukan dengan terbuka (Tan et al, 2003). Namun,beberapa penelitian mengungkapkan adanya perubahan serum enzim hati post-operatif kolesistektomi laparoskopi,  walau peningkatan  juga dijumpai sedikit pada prosedur terbuka,  namun peningkatannya pada  kolesistektomi laparoskopi lebih siknifikan (Saber, 2007).

Peningkatan sementara dari intra abdominal pressure (IAP), yaitu  pneumoperitoneum selama menjalani operasi laparoskopi, diperkirakan menjadi  penyebabnya. Tekanan dari pneumoperitoneum dan durasinya mempengaruhi  beratnya derajat iskemia dengan menyebabkan peningkatan enzim hati (Guven &  Oral, 2007).
Efek dari pneumoperitoneum terhadap fungsi hati  pada pasien yang  menjalani prosedur laparoskopi dievaluasi pada beberapa studi, yang memaparkan  peningkatan AST dan ALT post operatif pada pasien dibandingkan dengan pre  operatif (Eryilmaz et al, 2012).
Terjadi perubahan siknifikan pada mayoritas pasien yang menjalani  kolesistektomi laparoskopi dibandingkan pasien yang menjalani kolesistektomi  terbuka. Salah satu penelitian oleh Saber (2007) mengungkapkapkan pada 48 jam  post operatif, dijumpai peningkatan 58 % pada pasien kolesistektomi laparoskopi,  sedangkan pada pasien kolesistektomi terbuka dijumpai peningkatan hanya 6 %.
 Walaupun peningkatan dari serum enzim hati terutama serum  transaminase ini adalah peningkatan transien dan tidak tampak adanya gejala  klinis yang siknifikan, namun untuk pasien-pasien dengan penyakit hati penyerta  harus diperhatikan (Omari&Hani-Bani, 2007).
Di Indonesia penelitian yang berhubungan dengan peningkatan serum  enzim hati  akibat kolesistektomi laparoskopi, terutama transaminase tersebut  belum banyak dijumpai sehingga peneliti merasa penting untuk melakukan  penelitian ini.


Contoh Skripsi Kedokteran:Perubahan Seru¬m Transaminase Post-Operatif Pasien Kolelitiasis Yang Menjalani Kolesistektomi Laparoskopi Dan Kolesistektomi Terbuka
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.