Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Status Imunisasi Anak

 BAB 1  

PENDAHULUAN    
1.1.  Latar Belakang  Kemampuan suatu Negara untuk memberikan pelayanan kesehatan yang  bermutu dan menyeluruh didasarkan atas tingkat pengetahuan  mengenai  pencegahan awal yang dapat dilakukan terhadap suatu penyakit tertentu. Tingkat  pengetahuan  tersebut juga dapat digunakan sebagai suatu gambaran mengenai  tingkat kesehatan masyarakat di masa mendatang (Anonymus, 2012).
Salah satu pencegahan awal yang dapat dilakukan yaitu dengan  pemberantasan penyakit menular dengan tindakan pengebalan atau imunisasi.

Upaya imunisasi diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 1956. Upaya ini  merupakan upaya kesehatan masyarakat yang cost effective (Wibowo, 2008).   Imunisasi adalah suatu cara untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan  seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila kelak ia terpapar  dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau sakit ringan (Depkes RI, 2005).
Imunisasi merupakan salah satu cara untuk memberikan kekebalan pada  bayi dan anak terhadap berbagai penyakit, sehingga dengan imunisasi diharapkan  bayi dan anak tetap tumbuh dalam keadaan sehat.(Hidayat, 2008). Secara alamiah  tubuh sudah memiliki mekanisme pertahanan sendiri terhadap penyakit.
Mekanisme pertahanan tersebut meliputi pertahanan spesifik dan non spesifik.
Mekanisme pertahanan tubuh yang pertama adalah non spesifik seperti  komplemen dan makrofag. Setelah itu mekanisme pertahanan tubuh yang kedua  adalah system pertahanan humoral dan seluler (Baratawidjaja, 2009).

Imunisasi telah terbukti dapat mencegah beberapa penyakit infeksi berat  seperti polio, TBC, difteri, pertusis, tetanus, campak dan hepatitis B . Menurut  Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan (2007), 1,7 juta kematian anak  atau 5% balita Indonesia adalah akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan  Imunisasi (PD3I). Salah satu program yang terbukti efektif untuk menekan angka  kematian akibat PD3I adalah imunisasi. Imunisasi merupakan upaya preventif  2    untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat penyakit yang  dapat dicegah dengan imunisasi (Astrianzah, 2011).

Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Status Imunisasi Anak
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.