Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Epidemiologi:Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Filariasis di Wilayah Kerja Puskesmas Gambok Kabupaten Sijunjung



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Filariasis  (penyakit  kaki  gajah)  adalah  penyakit  menular  yang  menahun yang disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh nyamuk  Mansonia, Anopheles, Culex, Armigeres. Cacing tersebut hidup di saluran  dan kelenjar getah bening. Pada stadium lanjut dapat menimbulkan cacat  yang menetap berupa pembesaran kaki, lengan, payudara, dan alat kelamin.
(Chin, 2006) Filariasis di Indonesia pertama kali di laporkan oleh Haga dan Van  Eecke pada tahun 1889 di Jakarta  yaitu dengan di temukannya penderita  filariasis  skrotumt.  Pada  saat  itu  pula Jakarta  diketahui  endemik  limfatik  yang disebabkan oleh Brugia malayi.
Pada tahun 1937 Brug membuat suatu  rangkuman tentang laporan filariasis di seluruh Indonesia pada waktu itu  telah  diketahui  dan  spesies  cacing  filaria  sebagai  penyebabnya  yaitu  Wuchereria bancrofti dan Brugia malayi. (Depkes RI, 2009) Selanjutnya  pada  tahun  1997  WHO  membuat  resolusi  tengtang  eliminasi  penyakit  kaki  gajah,  pada  tahun  2000  WHO  menetapkan  komitmen  global  untuk  mengeliminasi  penyakit  kaki  gajah  (The  Global  Goal  Of  Elimination  Of  Limphatik  Year  2020),  menyl  kesepakatan  global tersebut pada tahun 2002 Indonesia mencanangkan gerakan eliminasi  penyakit kaki gajah yang disingkat ELKAGA pada tahun 2020. Eliminasi  filariasis  bertujuan  untuk  menurunkan  prevalensi  (MF    rate)  hingga   dibawah  1%  sehingga  filariasis  tidak  lagi  merupakan  masalah  kesehatan  masyarakat. (Depkes RI, 2009) Pada tahun 2004 filariasis telah menginfeksi 14,45% penduduk di  83  negara  di  seluruh  dunia,  terutama  negara-negara  di  daerah  tropis  dan  beberapa  daerah  subtropis  seperti  India,  Bangladesh,  Taiwan,  China,  Philipina, Afrika, Amerika Latin, daerah pasifik dan negara-negara di Asia  Tenggara. Di Indonesia, berdasarkan survei yang dilaksanakan pada tahun  2000-2004 terdapat lebih dari 8000 orang menderita klinis kronis filariasis  (elephantiasis) yang tersebar diseluruh provinsi. Secara epidemiologi data  ini  mengindikasikan  lebih  dari  60  juta  penduduk  Indonesia  berada  yang  berisiko tinggi tertular filariasis dengan 6 juta penduduk diantaranya telah  terinfeksi. (Depkes RI, 2007) Penyakit ini ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia seperti  di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa tenggara, dan Papua baik  di perkotaan maupun pedesaan. Kasus di pedesaan banyak di temukan di  kawasan Indonesia bagian timur, sedangkan untuk di perkotaan banyak di  temukan  di  daerah  seperti  Bekasi,  Tanggerang,  Pekalongan,  dan  Lebak  (Banten). (Depkes RI, 2006) Data ini belum menggambarkan keadaan  yang sebenarnya karena  hanya  di  laporkan  oleh  42%  Puskesmas  dari  7.221  Puskesmas.  Tingkat  endemisitas  filariasis  di  Indonesia  tahun  1999  masih  tinggi  dengan  microfilaria  (MF)  rate  3,1%  (0,5-19,64%).  Berdasarkan  survei  untuk  pemeriksaan  mikroskopis  pada  desa  dengan  jumlah  penderita  terbanyak   pada  tahun  2002-2005  terutama  di  Sumatera  dan  Kalimantan  telah  terindentifikasi 84 Kabupaten/Kota dengan microfilaria rate 1% atau lebih.


Contoh Skripsi Epidemiologi:Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Filariasis di Wilayah Kerja Puskesmas Gambok Kabupaten Sijunjung
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : judul kti, contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.