BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Sepak bola
adalah salah satu
olahraga yang sangat
terkenal dan digemari
oleh berbagai kalangan
di hampir seluruh
pelosok dunia yang
dimainkan oleh berbagai jenis usia baik tua maupun muda. Sebuah tim
sepak bola terdiri dari seorang penjaga gawang
dan sepuluh pemain yang bergerak di seluruh lapangan yang mengisi posisi bek, gelandang dan penyerang.
Dalam sepak bola
salah satu faktor yang terpenting adalah pemain. Pemain yang memiliki
kemampuan yang baik akan menguntungkan bagi satu tim dan begitu juga sebaliknya.
Keluarnya kemampuan terbaik
seorang pemain tidak
terlepas dari penempatan posisi yang ideal bagi pemain
tersebut.
Pada saat
ini ternyata seorang
pelatih/manager masih merasa
kesulitan dalam menentukan posisi yang ideal untuk para
pemainnya. Masih ada pelatih yang belum bisa
menilai pemain secara objektif. Dimana para pemain memang benar-benar dinilai dari kemampuan mereka sendiri bukan dari
penelitian secara subjektif saja. Selain itu, dalam proses penentuan posisi pemain, seorang
pelatih hanya mengandalkan insting dan
ego para pemain saja tanpa didukung dengan data nilai skillindividu pemain yang
disimpan. Pada
kenyataannya selama ini, dalam
proses penentuan posisi yang
ideal tersebut masih
dilakukan secara manual
yakni dengan diimplementasikan dalam bentuk
sebuah kertas berupa form penilaian karakter dan kriteria pemain saja.
Algoritma Naive
Bayes merupakan salah satu
algoritma yang terdapat
pada teknik klasifikasi.
Klasifikasi adalah proses menemukan kumpulan pola atau fungsifungsi yang
mendeskripsikan dan memisahkan kelas data satu dengan lainnya, untuk dapat
digunakan untuk memprediksi
data yang belum
memiliki kelas data
tertentu (Jiawei, 2001).
2 Berdasarkan permasalahan
di atas, maka
dibuatlah sebuah sistem
yang dapat mempermudah dan mengubah cara penilaian
seorang pelatih dalam menentukan posisi ideal pemain
dalam sepak bola.
Pada penelitian ini,
penulis akan mengembangkan suatu
sistem menggunakan Smartphone berbasis Android sebagai media.
Sistem bekerja sesuai input yang
diberikan dari data trainingyang telah dikumpulkan. Sistem yang
akan diimplementasikan menggunakan
metode Naive Bayes sebagai
aturan dalam pembangunan
sistem. Jadi, hanya
dengan membawa Smartphone dan memasukkan
beberapa parameter seperti
Dribbling, Passing, Crossing,
Shooting, Accelaration, Agility,
Stamina, Jumping, Aggression,
Composure, Creativity, Decisioning,
Positioning, Marking, dan Teamwork.
maka pelatih dapat
menentukan apakah posisi ideal
pemain tersebut Kiper, Bek, Gelandang atau Penyerang.
Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Metode Naive Bayes Dalam Menentukan Posisi Ideal Pemain dalam Sepakbola Berbasis Android (Studi Kasus Talenta Soccer Rantauprapat)
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya :judul skripsi teknik informatika, contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.