Contoh Skripsi Civil Engineering:Studi Perbandingan Metode Perencanaan Perkerasan Kaku untuk Lapangan Terbang



BAB I
PENDAHULUAN   
 I.1  Latar Belakang
Transportasi  adalah  usaha  untuk  memindahkan  suatu  objek  dari  suatu  tempat  ke  tempat  lain  dalam  aktivitas  sehari  hari  dengan  menggunakan  alat  trasportasi.  Indonesia  merupakan  sebuah negara kepulauan  yang sangat luas dan  berpopulasi tinggi.  Melihat kondisi geografisnya, transportasi menjadi salah satu  sektor  yang  vital  bagi  warga  negara  Indonesia.  Terdapat  3  moda  transportasi  secara umum salah satunya adalah transportasi udara.
 Transportasi  udara  merupakan  moda  transportasi  yang  dapat  melayani  dalam  waktu  yang  lebih  cepat  dengan  jangkauan  yang  lebih  luas.  Sebagai  prasarana untuk transportasi udara, lapangan terbang harus memiliki infrastruktur  yang  aman  dan  terencana  dengan  baik.  Perencanaan  perkerasaan  struktural merupakan bagian utama untuk membangun infrastruktur pada lapangan terbang.

 Seiring  dengan  perkembangan  waktu  kebutuhuan  untuk  menggunakan  transportasi  udara  semakin  meningkat,  sehingga  dalam  merencanakan  lapangan  terbang harus memperhitungkan kebutuhan untuk masa yang akan datang. Untuk  merencanakan sebuah lapangan terbang dibagi dalam dua jenis perencanaan yaitu:   Perencanaan  sistem  lapangan  terbang  bertujuan  untuk   menentukan  karakteristik,  lokasi  dan  waktu  yang  di  perlukan  untuk  membangun  sistem  yang baik pada lapangan terbang. Menurut horonjeff et al. (2010:136), proses  perencanaan sistem bandara harus konsisten dengan negara, regional, maupun  nasional tujuan transportasi, penggunaan lahan, dan lingkungan hidup.
    Perencanaan  induk  lapangan  terbang  bertujuan  untuk  memenuhi  kebutuhan  penerbangan,  lingkungan,  masyarakat  dan  transportasi  lain  dengan  memberikan pedoman perkembangan pada masa yang akan datang Lapangan terbang terbagi ke dalam dua bagian yaitu sisi darat (land side)  dan sisi udara (air side). Terdapat gedung terminal sebagai pembatas antara sisi  darat dan sisi udara seperti yang terlihat pada gambar 2.1 berikut ini :  Gambar 2.1 Bagian-bagian Bangunan Pada Lapangan Terbang  Sumber : horonjeff (2010)  Sisi darat pada lapangan terbang adalah landasan pacu (runway),landasan hubung (taxiway)  dan  apron.  Runway adalah  sebuah  area  pada  lapangan  terbang  yang  berfungsi sebagai tempat pesawat terbang melakukan lepas landas (take off)  dan  pendaratan  (landing)  dengan  kecepatan  tertentu.  Taxiway sebuah  jalan  yang  berfungsi sebagai jalur untuk pergerakan pesawat terbang dari  runwayke  apron atau hanggar dan sebaliknya. Dan apronadalah sebuah area untuk menaikkan dan  menurunkan  penumpang,  surat  atau  barang,  pengisiaan  bahan  bakar,  parkir  dan  pemeliharaan  pesawat.  Untuk  merencanakan  perkerasan  struktural  berarti  mentukan merencanakan ketebelan setiap lapisan perkerasan.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Studi Perbandingan Metode Perencanaan Perkerasan Kaku untuk Lapangan Terbang
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.