Latest News

skripsi akuntansi, manajemen, ekonomi

Contoh Skripsi Farmasi:Karakterisasi Simplisia Dan Uji Aktivitas Antibakteri Dari Ekstrak Kulit Buah Tanaman Jengkol Terhadap Bakteri Escherichia coli, Shigella dysenteriae dan Salmonella typhimurium



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam dua dasa warsa terakhir, perhatian dunia terhadap obat-obatan dari  bahan alam (obat tradisional) menunjukkan peningkatan, baik di negara-negara  berkembang maupun di negara-negara maju. Badan Kesehatan Dunia (WHO)  menyebutkan bahwa hingga 65% dari penduduk negara-negara maju telah  menggunakan pengobatan tradisional dimana di dalamnya termasuk penggunaan  obat-obat bahan alam. Hal ini menandai adanya peningkatan kesadaran masyarakat  untuk kembali ke alam (back to nature) dalam rangka mencapai kesehatan yang  optimal dan untuk mengatasi berbagai penyakit secara alami (Depkes RI, 2007).

 Sumber daya alam bahan obat dan obat tradisional merupakan aset nasional  yang perlu terus digali, diteliti, dikembangkan dan dioptimalkan pemanfaatannya.
 Indonesia sebagai suatu negara dengan wilayah yang mempunyai tingkat  keanekaragaman hayati yang tinggi, dimana potensi sumber daya tumbuhan yang ada  merupakan suatu aset berharga dan sebagai modal dasar dalam upaya pemanfaaatan  dan pengembangannya untuk menjadi komoditi yang kompetitif (Depkes RI, 2007).
 Salah satu spesies tumbuhan yang hidup di Indonesia adalah jengko l  (Pithecellobium lobatum  Benth) suku Fabaceae. Menurut Eka, A (2007), buah  jengkol mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor,  kalsium, zat besi, alkaloid, steroid, glikosida, tanin, flavonoid dan saponin.  Buah  jengkol telah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pangan, sedangkan  daunnya digunakan sebagai obat karena diketahui berkhasiat sebagai obat eksim,  kudis, luka dan bisul. Namun kulit buah jengkol hanya menjadi limbah rumah tangga   yang tidak bernilai, dimana penelitian serta pemanfaatannya sebagai obat masih  sangat sedikit.  Salah satunya kulit buah jengkol berkhasiat sebagai obat borok  (Depkes RI, 1994).
 Bakteri Escherichia coli, Vibrio cholerae, Campylobacter jejuni, Shigella sp,  Salmonella sp,  Bacillus cereus, Clostridium perferingens,  Vibrio haemolyticus,  Clostridium difficile, Yersinia enterolitica, Klebsiella pneumoniae  merupakan  penyebab terjadinya penyakit diare (Suharyono, 2008). Namun menurut Dzulkarnain  (1996), kasus diare di Indonesia lebih sering disebabkan oleh Escherichia coli,  Vibrio cholerae,  Shigella sp, Salmonella sp dan Campylobacter.


Contoh Skripsi Farmasi:Karakterisasi Simplisia Dan Uji Aktivitas Antibakteri Dari Ekstrak Kulit Buah Tanaman Jengkol Terhadap Bakteri Escherichia coli, Shigella dysenteriae dan Salmonella typhimurium
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.