Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Economic Development:Analisis Persepsi Masyarakat Tentang Baitul Maal Wat Tamwil



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang  
Salah satu sektor yang berperan vital bagi pertumbuhan ekonomi suatu  negara adalah sektor perbankan. Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang  kegiatan utamanya menerima simpanan giro, tabungan dan deposito. Kemudian  bank juga dikenal sebagai tempat untuk meminjam uang atau kredit bagi  masyarakat yang membutuhkannya. Disamping itu, bank juga dikenal sebagai  tempat untuk menukar uang, atau menerima segala macam bentuk pembayaran  dan setoran (Kashmir, 2004:23).
  Di Indonesia terdapat dua jenis bank yang  melakukan aktivitas dalam lingkup yang berbeda, yaitu bank konvensional  dengan konsep bunga dan bank syariah (Bank Islam) dengan konsep bebas  bunga serta bagi hasil. Bagi bank yang berdasarkan pada prinsip syariah tidak  dikenal bunga dalam memberikan jasa simpanan maupun pinjaman. Di bank ini  jasa bank yang diberikan disesuaikan dengan hukum Islam. Prinsip pembiayaan  syariah yang diterapkan oleh bank syariah adalah pembiayaan berdasarkan  prinsip bagi hasil (mudharabah), pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan  modal (musyarakah), prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan  (murabahah) atau pembiayaan barang modal berdasarkan prinsip sewa murni  tanpa pilihan (ijarah) atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas  barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa aqtina) (Kashmir,  2004:25).
  2  Di Indonesia pelaksanaan sistem ekonomi Islam sudah dimulai sejak tahun  1992 dan semakin marak dengan bertambahnya jumlah lembaga keuangan Islam  baik bank maupun non bank. Dikenal dua jenis lembaga keuangan syari`ah bank  yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Bank Perkreditan Rakyat Syari`ah  (BPRS). Sedangkan lembaga keuangan syari`ah non bank diwujudkan dalam  bentuk Asuransi Takaful (AT), Baitul Maal wat Tamwil (BMT), Unit Simpan  Pinjam Syari`ah (USPS) dan Koperasi Pesantren (Kopontren) di berbagai wilayah  di Indonesia.
 BMT termasuk pada kategori lembaga keuangan mikro non bank yang  bersifat informal, disebut informal karena keberadaan BMT tidak memerlukan  legitimasi formal karena keberadaan BMT tidak memerlukan legitimasi formal  dari pemerintah / instansi terkait. Kinerja baitul maal wat tamwil hampir sama  dengan koperasi dimana di dalamnya terdapat pula berbagai produk baik untuk  pengumpulan dana maupun penyaluran dana. Untuk operasionalnya sendiri  hampir sama dengan operasional bank Syariah yaitu dengan penerapan sistem  bagi hasil.


Contoh Skripsi Economic Development:Analisis Persepsi Masyarakat Tentang Baitul Maal Wat Tamwil
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.