BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Dalam era modern
sekarang ini penyebaran data digital berupa citra berlangsung sangat cepat mengingat
perkembangan internet dan dunia digital yang semakin berkembang seiring
berjalannya waktu. Tentu saja, hal ini
banyak membawa keuntungan bagi para penggunanya. Namun, tidak sedikit pula bahaya dan kerugian yang
ditimbulkan akibat penyebaran citra digital tersebut, seperti penggandaan
file citra tanpa izin dari
pemiliknya, klaim kepemilikan atas sebuah karya, dan pengubahan keaslian dari sebuah karya digital.
Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu cara untuk menangani masalah ini.
Teknik watermarking dapat dijadikan solusi
untuk melindungi media digital sebagai bukti
kepemilikan media digital. Watermarking adalah proses menyisipkan informasi
seperti tanda digital ke dalam inti dari
objek multimedia secara permanen. Watermark dalam media digital tidak dapat diketahui keberadaannya
oleh pihak lain yang tidak mengetahui metode watermarking
yang digunakan. Informasi ini
dapat digunakan untuk bermacam-macam aplikasi
seperti autentikasi, perlindungan hak cipta, pemantauan data, bukti kepemilikan
intelektual dan lain-lain. Pada
umumnya watermark dapat dikelompokkan
menjadi dua kelompok utama menurut cara
kerjanya. Teknik domain spasial menanamkan data langsung dengan cara memodifikasi nilai pixel citra,
sedangkan teknik domain frekuensi memodifikasi nilai koefisien transformasinya [3].
Pada penelitian ini digunakan pengujian
ketahanan watermark dengan cara melakukan proses pemberian Gaussian Blur
dan random Noise pada citra hasil watermarking. Teknik watermarking
yang dilakukan pada citra digital adalah dengan algoritma Modified Least Significant Bit
(MLSB).
Algoritma Least Significant Bit merupakan teknik yang umum digunakan dalam penyisipan pesan Steganografi. Untuk
memperkuat penyembunyian pesan dilakukan modifikasi teknik LSB. Modifikasi dilakukan
dengan teknik penyisipan bit yang hanya di lakukan di LSB ke-1 dan LSB ke-2 nilai Blue
pada piksel citra. Pada metode ini penyisipan pada LSB ke-1 dan LSBke-2 dilakukan secara
bergantian.
Contoh Skripsi Computer Science:Analisis Ketahanan Watermarking Citra dengan Algoritma Modified Least Significant Bit (MLSB)
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.