BAB I
PENDAHULUAN
I.1. UMUM
Hasil pengamatan
di stasiun sinoptik
dan simulasi skenario
iklim menggunakan model ARPEGE
Climat versi 3.0 diprakirakan periode 2010-2039 akan terjadi peningkatan jumlah curah hujan di
atas wilayah Indonesia. Demikian dilaporkan Haris
Syahbuddin dan Tri
Nandar Wihendar dalam
tulisannya yang berjudul “Anomali Curah Hujan Periode
2010-2040 di Indonesia”.
Di Indonesia,
beberapa ruas jalan
banyak tergenangi oleh
air yaitu seperti terendam oleh hujan dan air laut yang
diakibatkan oleh banjir rob
terutama pada jalan yang berada didaerah pantai baik dalam waktu sesaat dan waktu yang lama.
Di kota sendiri,
kejadian permukaan jalan
terendam oleh air
yang diakibatkan oleh banjir
ataupun yang diakibatkan oleh air laut pasang (rob) sering terjadi
seperti di belawan,
yaitu badan jalan
terendam oleh air
laut yang diakibatkan oleh air laut pasang (rob) pada
pertengahan 2013 (Alda Muhsi, 2013).
Setelah banjir
surut baik yang
diakibatkan oleh intensitas
hujan yang tinggi, maupun
banjir rob, jalanan
menjadi berlubang yang
kemudian mempengaruhi kelancaran lalu-lintas serta dapat menimbulkan
kecelakaan lalu-lintas.
Pengaruh genangan
air terhadap kerusakan
konstruksi jalan dapat menyebabkan
perlemahan daya dukung tanah dasar berikut mempercepat proses peretakan perkerasan.
Terendamnya permukaan jalan oleh air khsnya
hujan dikarenakan sitem drainase yang tidak baik sehingga tidak dapat
menampung air hujan yang turun dengan
intensitas hujan yang
tinggi. Rob atau
banjir air laut
adalah banjir yang diakibatkan oleh
air laut yang
pasang yang menggenangi
daratan, merupakan permasalahan yang terjadi di daerah yang lebih
rendah dari muka air laut.
Prasarana
transportasi jalan merupakan salah satu bagian penting penunjang kegiatan
perekonomian serta kegiatan-kegiatan diberbagai
bidang pada suatu negara
khsnya pada era globalisasi saat sekarang ini. Oleh karena itu prasarana jalan memerlukan perhatian khs terhadap segi
keamanan dan kenyamanan dari jalan tersebut.
Kondisi fisik dari
jalan salah satunya
seperti genangan-genangan air dipermukaan jalan, tingkat kebisingan
jalan dan sebagainya adalah hal penting dari
segi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.
Contoh Skripsi Civil Engineering:Perbandingan Lama Rendaman Campuran Aspal AC-WC Dengan Memakai Air Laut Dan Air Tawar Teradap Karakteristik Marshall
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.