Contoh Skripsi Public Administration:Pengaruh Penerapan Prinsip – Prinsip Good Governance Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Camat Medan Helvetia


BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang  Otonomi daerah berdasarkan Undang-Undang No. 22 tahun 1999 yang dimulai  pelaksanaannya pada tanggal 1 Januari 2001 yang kemudian direvisi dengan Undang-Undang  No. 32 tahun 2004, membawa implikasi bahwa pemerintah daerah dalam hal ini adalah  Pemerintah Kabupaten/Kota diberikan wewenang yang luas untuk mengatur dan  menyelenggarakan rumah tangganya sendiri. Sehingga pemerintah daerah harus mendorong  terciptanya prinsip-prinsip pemerintahan yang baik (good governance)  dengan melakukan  upaya-upaya untuk memberdayakan masyarakat, mengembangkan peran dan fungsi DPRD  melalui prinsip demokrasi, peran serta masyarakat dalam pembangunan, pemerataan ekonomi  dan kesejahteraan, keadilan sosial dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia.

Dalam hal ini tujuannya adalah agar daerah otonom lebih mampu meningkatkan pertumbuhan  ekonomi secara adil dan merata, taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta terbukanya  kesempatan kerja. Untuk itu Pemerintah daerah (kabupaten/kota)  hendaknya dapat  mengefektifkan kinerjanya guna menyelenggarakan ketatapemerintahan yang baik (good  governance)serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas.
Dampak pelaksanaan otonomi daerah sangat besar karena pelimpahan kewenangan  pada pemerintahan daerah dapat memberikan keleluasaan untuk melaksanakan pembangunan  daerah sesuai dengan karakteristik serta permasalahan daerah yang bersangkutan. Hal ini juga  dikuatkan oleh PP No. 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan wajib dan pilihan yang akan  Contoh skripsi Public Administration memberika kawalan untuk mewujudkan pembangunan yang sesuai dengan karakteristik masingmasing daerah.
Hakikat otonomi daerah pada dasarnya adalah bagaimana mendekatkan ke pemerintahan  serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kewenangan yang sudah diberikan kepada  daerah itu menjadi urusan dan tanggung jawab pemerintah daerah yang bersangkutan.
Masyarakat tidak lagi hanya menyesuaikan kepada pelayanan yang akan dibuat oleh pemerintah  akan tetapi mereka diharapkan dapat sekaligus ikut dalam proses penetapan perencanaan  pembangunan dan bagaimana pembangunan itu akan dilakukan, masyarakat juga harus diberikan  akses dalam menilai serta mengawal bagaimana pelayanan pemerintah itu dilakukan serta  bagaimana ditingkatkan. Dalam hal ini hubungan pemerintah dengan masyarakat tidak lagi  seperti hubungan top-down tetapi menjadi suatu hubungan yang bersifat partnership. Untuk ini  perlulah penguatan institusi pemerintah daerah dalam hal ini kelembagaan dan kapasitas institusi  pemerintah daerah.
Pada saat krisis terjadi, ada wacana yang menyebutkan bahwa asal muasal krisis adalah  kurangnya kualitas “governasi” atau governancekita. Baik di sektor  pemerintah maupun di  sektor bisnis. Bertolak dari proses reformasi 1998 yang menginginkan suatu perubahan mendasar  dalam penyelenggaraan pemerintahan yang lebih tr ansparan, berkeadilan dan akuntabel, maka  tuntutan akan adanya pemerintahan yang baik (good governance) menjadi relevan berhubungan  satu dengan yang lainnya. Tujuan reformasi untuk penguatan peran masyarakat dengan  penerapan demokrasi rakyat tidak tercapai jika tidak didukung oleh suatu pemerintahan yang  kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.
Contoh skripsi Public Administration Dalam waktu terakhir ini, telah terjadi perubahan paradigma organisasi dalam berbagai  aspek, dari segi manajemen perubahan, dari organisasi yang bersifat sentralisasi   ke organisasi  yang bersifat desentralisasi, gaya kerja organisasi yang kaku berubah  menjadi lebih  fleksibel, kekuatan organisasi yang sebelumnya dilihat dari tolak ukur  stabilitas organisasi  kini bergeser pada kemampuan organisasi untuk mengadaptasi  perubahan. Faktor politik  yang mempengaruhi perubahan peran organisasi dalam hal ini  dimana organisasi publik  menuntut penerapan Good Governance. Good governance  dimaksud adalah merupakan proses  penyelenggaraan kekuasaan negara dalam   melaksanakan penyediaan public good and service disebut governance (pemerintahan   atau kepemerintahan) sedangkan praktek terbaiknya adalah  “good governance”  (kepemerintahan yang baik).
Pemerintah dituntut untuk menerapkan prinsip-prinsip good governance. Dengan  menerapkan prinsip-prinsip  good governance, diharapkan dalam menggunakan dan  melaksanakan kewenangan politik, ekonomi dan administratif dapat diselenggarakan  dengan  baik. Oleh sebab itu dalam prakteknya, konsep good governance harus ada dukungan komitmen  dari semua pihak yaitu negara (state)/pemerintah (government), swasta (private) dan masyarakat  (society). Good governanceyang efektif menuntut  adanya koordinasi yang baik dan integritas,  profesional dan etos kerja dan moral yang  tinggi.  Dengan  demikian penerapan  good  governancedalam penyelenggaraan pemerintahan Negara merupakan tantangan tersendiri.
Terselenggaranya good governance  merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan aspirasi  masyarakat dalam mencapai tujuan dan cita-cita bangsa dan Negara. Dalam rangka hal tersebut,  diperlukan  pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas dan  nyata  sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil  guna, bertanggung jawab serta bebas KKN.
Contoh skripsi Public Administration Efektivitas kerja yang didefinisikan sebagai penyelesaian pekerjaan sesuai dengan yang  ditentukan sebelumnya dimana selama dipengaruhi pikirannya, tenaga, cara yang paling cepat  (waktu) serta kondisi ruangan yang dapat mendukung semangat kerja pegawai. Dengan adanya  standar manajemen dapat merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi kinerja  agar hasil akhir memuaskan pada pihak-pihak yang mendapat pelayanan. Dengan semakin  efektifnya kerja para pegawai dapat menjadikan organisasi semakin tangguh mencapai tujuannya  dan berbagai sasarannya. Dengan adanya manajemen suatu organisasi semakin mampu berperan  dengan tingkat efektivitas yang tinggi. Oleh karena itu tanpa manusia dalam suatu organisasi  maka tujuan organisasi yang telah ditentukan tidak akan tercapai sebagaimana yang diharapkan.
Selanjutnya manusia merupakan salah satu unsur organisasi yang paling dinamis, artinya  menginginkan perubahan, dengan demikian kedudukan manusia dalam organisasi tidak dapat  disamakan dengan unsur-unsur lain. Sehingga dalam organisasi pengelolaan manusia sebagai  sumber daya organisasi agar memiliki kemampuan untuk mewujudkan good governancedengan  menerapkan prinsip-prinsip  good governance  yang diantaranya adalah akuntabilitas,  transparansi, fairness atau keadilan, responsivitas atau ketanggapan.
Seiring dengan banyaknya keluhan masyarakat terkait dengan kurangnya efektivitas  pelayanan yang diberikan oleh pemerintahan seharusnya menjadi dasar kepada penggunaan  system pemerintahan yang lebih menunjang dalam meningkatat efektifitas kerja dari pegawai itu  sendiri dalam hal memberikan pelayanan publik kepada setiap masyarakat. Seperti misalnya  pada pelayanan identitas masyarakat yang dilakukan di Kantor Camat, baik itu Kartu Tanda  Penduduk, Kartu Keluarga dan pengurusan identitas lainnya.
Kecamatan Medan Helvetia adalah salah satu dari 21 kecamatan yang berada di Wilayah  Kota Medan memiliki luas 1.156,147 Ha dan  merupakan pecahan dari Kecamatan Medan  Contoh skripsi Public Administration Sunggal.  Sebelum menjadi kecamatan defenitif terlebih dahulu melalui proses Kecamatan  Perwakilan. Sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor : 138/402/K/1991  tanggal 05 Pebruari 1991 dan Keputusan Walikota Medan Nomor : 138/595/SK/1991 tanggal 20  Maret 1991 dirubah namanya menjadi Perwakilan Kecamatan Medan Helvetiadan berdasarkan  Peraturan Pemerintah Nomor : 50 Tahun 1991 didevinitifkan menjadi kecamatan Medan  Helvetia yang diresmikan pada tanggal 31 Oktober 1991 yang terdiri atas 7 (tujuh) Kelurahan  yaitu : Kelurahan Helvetia, Helvetia Tengah, Helvetia Timur, Dwi Kora, Cinta Damai, Tanjung  Gusta dan Sei Sikambing C-II.
Tentunya tujuan dari pembentukan kecamatan Medan Helvetia guna lebih memberikan  pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Untuk melakukan hal tersebut tentunya harus  memiliki visi yang jelas agar tujuannya dapat tercapai dengan maksimal. Cara pandang jauh  kedepan, kemana instansi pemerintah harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif.


Contoh Skripsi Public Administration:Pengaruh Penerapan Prinsip – Prinsip Good Governance Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Camat Medan Helvetia
Downloads PDF Version>>>>>>>Click Here

Chapter I
Downloads
Chapter II
 Downloads 
 Chapter  III - V
 Downloads 
Reference
 Downloads 
Appendix
Downloads