Skripsi Manajemen:Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Truk Ringan ISUZU


BAB I
PENDAHULUANA. Latar Belakang Masalah
Pada  Era Globalisasi ini, aktivitas pembangunan dan perekonomian
Indonesia semakin berkembang. Persaingan bisnis perusahaan-perusahaan
semakin ketat. Hal ini tidak hanya berlaku pada perusahaan kecil, namun juga
pada perusahaan-perusahaan yang sudah maju dan besar sekalipun.

Persaingan ini terjadi karena setiap perusahaan ingin mendapatkan
keuntungan yang maksimal sehingga harus memproduksi barang yang berkualitas
dan menyesuaikan produknya dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Setiap
perusahaan akan berusaha untuk lebih unggul dibanding perusahaan-perusahaan
yang memproduksi barang/jasa yang sama agar mampu menguasai pasar.
Keunggulan diferensiasi menjadi  salah satu aspek unik dalam suatu
organisasi yang mempengaruhi target konsumen menjadi pelanggan setia
perusahaan dibandingkan dengan pesaing lainnya. Keunggulan diferensiasi juga
harus terjadi dalam setiap elemen bauran pemasaran (marketing mix)  yaitu
produk, harga, tempat (saluran distribusi) dan promosi.
Menurut Kotler (2000:328) “pada dasarnya diferensiasi produk adalah
tindakan merancang satu set perbedaan yang berarti untuk membedakan
penawaran perusahaan dari penawaran pesaing.” Artinya perusahaan berusaha
membuat produk yang ditawarkan mempunyai keunggulan atau mempunyai nilai
lebih dibanding produk kompetitor.
Diferensiasi sangat penting bagi strategi produk perusahaan. Tanpa
diferensiasi, produk perusahaan hanya akan menjadi komoditi. Artinya produk
tersebut tidak berbeda jauh dengan produk yang lain, alias produk rata-rata.
Perusahaan ISUZU telah membuat Keunggulan diferensiasi yang membuat
truknya mempunyai nilai lebih dibanding truk merk lain. Diantaranya Truk
ISUZU NKR 71 memiliki mesin yang telah dilengkapi dengan turbo intercooler
untuk memperoleh tenaga dan torsi lebih besar pada putaran rendah, sekaligus
memenuhi standar gas buang Euro-2. Dengan ini Truk NKR 71 adalah truk paling
irit konsumsi bahan bakar di kelasnya,selain itu Truk NKR 71 dilengkapi dengan
setir power steering hidraulik dengan recirculating ball sehingga memudahkan
pengemudi melakukan manuver di jalan yang kecil, di tengah kemacetan dan
parkir di ruang sempit. Kelebihan lainnya yaitu kabin truk ISUZU adalah model
tilt cab (kabin jungkit) yang memudahkan dalam hal perawatan dan perbaikan,
serta kedua pintu bisa membuka sampai 90 derajat,  sedangkan truk kompetitor
maksimal hanya 80 derajat. Umumnya strategi diferensiasi produk akan
mengakibatkan konsumen merasa puas terhadap produk yang ditawarkan,
kemudian diharapkan konsumen tersebut akan melakukan pembelian lagi, namun
jika konsumen merasa tidak puas, konsumen tersebut akan menghentikan
pembelian.
Menurut Wetbrook & Reilly (dalam Tjiptono, 2005:349) ”kepuasan
konsumen merupakan respon  emosional terhadap pengalaman-pengalaman
berkaitan dengan produk atau jasa tertentu yang dibeli, gerai ritel, atau bahkan
pola perilaku (perilaku berbelanja, dan perilaku pembeli), serta pasar secara
keseluruhan.” Dalam hal penjualan truk, konsumen cenderung akan merasa puas
apabila truk mempunyai mesin yang tangguh, hemat konsumsi BBM, serta harga
perawatan yang relatif murah.
PT. Isuindomas Putra merupakan salah satu main dealer (saluran distribusi
utama)  kendaraan Isuzu di Medan. Dalam hal penjualan mobil niaga seperti truk
Isuzu, perusahaan ini menjadi pilihan masyarakat Medan dan sekitarnya sebagai
tempat untuk melakukan pembelian produk Isuzu disamping dealer lain yaitu PT.
Isuzu Astra Motor Indonesia.Tbk. PT. Isuindomas Putra Medan memiliki cabang
di beberapa daerah seperti Pekan Baru, Padang, Pematang Siantar, Banda Aceh,
dan beberapa daerah lainnya. 


Skripsi Manajemen:Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Truk Ringan ISUZU
Download lengkap Versi PDF