Skripsi Akuntansi:Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Sparepart


  BAB I  PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah  Saat ini dunia usaha dihadapkan pada situasi atau kondisi persaingan yang  semakin ketat yang menuntut perusahaan untuk menjalankan usahanya dengan lebih  efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan. Untuk dapat mencapai  tujuan tersebut manajemen perusahaan harus dapat mengkoordinir secara rasional  sumber-sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
Sejalan dengan tingginya tingkat persaingan, perkembangan perekonomian  dan kemajuan teknologi maka peranan informasi menjadi sangat penting demi  kemajuan perusahaan. Informasi yang cepat, akurat dan berdaya guna merupakan  sarana bagi pihak manajemen dalam mengelola perusahaan dan sebagai pelaporan  bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Guna mendapatkan informasi ini diperlukan  suatu sistem informasi akuntansi berupa formulir-formulir, catatan-catatan, prosedurprosedur, dan alat-alat yang digunakan untuk mengelola data mengenai usaha suatu  kesatuan ekonomis.

Adanya informasi akuntansi yang akurat akan membantu manajemen  perusahaan dan pihak-pihak luar untuk mengambil keputusan sesuai dengan  kepentingan masing-masing. Prosedur adalah rangkaian kegiatan administrasi yang  biasanya melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian atau lebih, dan disn    untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi-transaksi  perusahaan yang terjadi.
Tujuan suatu perusahaan pada umumnya adalah memperoleh laba sebanyakbanyaknya. Salah satu cara memperoleh laba adalah dengan cara melakukan  penjualan secara efektif dan efisien karena hasil penjualan merupakan sumber  penerimaan perusahaan yang utama. Hasil penerimaan ini selanjutnya akan  digunakan untuk membiayai aktivitas operasionalnya. Dengan demikian sudah  barang tentu perusahaan membutuhkan adanya suatu informasi akuntansi yang andal  atas penjualan baik penjualan tunai maupun penjualan secara kredit.
Suatu sistem akuntansi yang efektif memerlukan persetujuan dan dukungan  dari semua tingkat manajemen. Untuk itu diperlukan pendelegasian wewenang dan  tanggung jawab agar efisiensi dapat tercapai dan tentunya dengan sistem akuntansi  yang efektif dan akan memperkuat struktur pengendalian intern atas harta, hutang,  modal, pendapatan dan beban perusahaan.
Perusahaan dagang yang pendapatan utamanya berasal dari penjualan barang  dagangan, maka antara fungsi penjualan dan fungsi akuntansi harus tercipta suatu  hubungan yang saling mendukung untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan  melalui catatan akuntansi. Penjualan yang dapat dilakukan oleh perusahaan terdiri  dari penjualan tunai dan penjualan kredit. Penjualan kredit sering kali mengakibatkan  timbulnya resiko seperti tidak tertagihnya piutang yang berarti kerugian bagi  perusahaan.
  Sistem penjualan kredit yang baik memungkinkan pengendalian terhadap  pemberian kredit kepada pelanggan dan menghindarkan terjadi kesimpangsiuran  tugas, wewenang dan tanggung jawab. Selain penjualan kredit, penjualan juga  dilakukan secara tunai, dimana melalui penjualan ini diperoleh kas secara cepat. Kas  merupakan alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai  kegiatan umum perusahaan.
Agar seluruh penjualan dapat dicatat secara wajar maka diperlukan sistem  akuntansi penjualan baik penjualan secaratunai, maupun penjualan secara kredit,  sehingga perusahaan sedapat mungkin terhindar dari penyelewengan dan  kesimpangsiuran operasinya.
Objek penelitian dalam menyn skripsi ini adalah PT. Arista Auto Lestari  Cabang Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Otomotif  (penjualan mobil baru) dan penjualan sparepart. Dalam hal ini penulis mengambil  khs dalam bidang penjualan Sparepart. Penjualan sparepart yang dilakukan PT.
Arista Auto Lestari Cabang Medan terdiri dari penjualan tunai dan penjualan kredit.
Jenis merek sparepart yang dijual hanya sejenis yaitu sparepart untuk merek Honda  antara lain; Shockabsorber, Oil Filter, Element Assy Air, Bumper, Wiper, Horn Assy,  Spion, Emblem Jazz, dan lain-lain.
Pada pra riset yang dilakukan penulis pada PT. Arista Auto Lestari Cabang  Medan, penulis melihat adanya penerapan sistem yang kurang efektif yaitu dalam  sistem penjualan kredit. Dalam sistem tersebut ada pembagian fungsi yang tidak  jelas antara bagian penjualan dan kredit. Dalam perusahaan PT. Arista Auto Lestari    Cabang Medan, bagian penjualan ikut mempertimbangkan pemberian kredit pada  pelanggan. Padahal bagian penjualan seperti yang kita ketahui selalu berusaha  menjual barang dagangan perusahaan sebanyak mungkin tanpa mempertimbangkan  keadaan perusahaan sipembeli. Keadaan tersebut bisa mengakibatkan sebagian  piutang perusahaan tidak dapat ditagih sehingga berpengaruh terhadap kinerja  perusahaan.
Berdasarkan dari uraian diatas jelaslah bahwa sistem informasi akuntansi  penjualan sangat penting bagi perusahaan sebagai usaha untuk mengurangi  kecurangan-kecurangan yang merugikan perusahaan. Dengan alasan ini penulis  tertarik untuk mengadakan penulisan dalam bentuk skripsi dengan judul :  “Penerapan Sistem Informasi Akuntansi(SIA) Penjualan Sparepart pada PT.
Arista Auto Lestari Cabang Medan.”  B. Perumusan Masalah  Berdasarkan uraian di atas, jelaslah bahwa sistem akuntansi yang memadai  perlu diterapkan khsnya pada siklus pendapatan. Untuk lebih memperjelas  permasalahan sebagai dasar penynan skripsi ini, penulis merumuskan  permasalahan yang akan diteliti yaitu :  1.  Bagaimanakah penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) penjualan  pada PT. Arista Auto Lestari Cabang Medan  2.  Apakah PT. Arista Auto Lestari Cabang Medan telah menerapkan Sistem  Informasi Akuntansi (SIA) penjualan yang tepat.
  C. Tujuan dan Manfaat Penelitian  Setiap penelitian ilmiah mempunyai sasaran yang ingin dicapai dan dari hasil  penelitian yang diperoleh dirumuskan kesimpulan-kesimpulan yang akan  dimanfaatkan oleh para pemakai semaksimal mungkin.
Adapun tujuan penelitian ini adalah :  1.  Untuk mengetahui seberapa jauh perusahaan menerapkan Sistem  Informasi Akuntansi penjualan pada PT. Arista Auto Lestari Cabang  Medan.
2.  Untuk mengetahui apakah Sistem Informasi Akuntansi (SIA) penjualan  pada PT. Arista Auto Lestari Cabang Medan sudah efektif sehingga  mendukung pengendalian intern penjualan.
Adapun manfaat penelitian yang dilakukan penulis adalah :  1.  Bagi penulis, penelitian ini bermanfaat untuk memperoleh pengetahuan  lebih luas mengenai Sistem Informasi Akuntansi Penjualan .


Download lengkap Versi PDF